Tim Astronom Inggris Klaim Temukan 114 Planet Baru

Sistem Tata Surya
  • Pixabay

VIVA.co.id – Para astronom mencatat telah menemukan 114 planet baru. Sebanyak 60 di antaranya adalah planet yang baru ditemukan oleh para astronom dari University of Hertfordshire, Inggris.

Aneh Tapi Nyata, di Planet Ini Hujannya Bukan Mengandung Air

Seorang astronom, Mikko Tuomi, mengungkapkan 60 planet baru tersebut mengorbit bintang di dekat tata surya Bumi. Planet Yang paling menonjol digambarkan sebagai 'super-Earth' yang sangat 'panas' dengan permukaan berbatu yang terletak di sistem bintang terdekat keempat ke Matahari.

Planet yang memiliki ciri-ciri tersebut, kata Tuomi, ditandai dengan nama Gliese 411b. Planet itu dikabarkan memiliki potensi yang hampir mirip dengan Bumi.

Anak Magang Penggemar Star Wars Bikin Gempar NASA

Namun, ada fakta baru yang para astronom temui. Tuomi mengatakan bahwa ternyata hampir semua bintang yang terdekat dengan matahari memiliki planet yang mengorbit.

"Hal ini menarik untuk berpikir bahwa ketika kita melihat bintang-bintang terdekat, mereka semua tampaknya memiliki planet yang mengorbit mereka," kata Tuomi.

Bikin Bingung, Planet Raksasa Ini Harusnya Tidak Ada tapi Ditemukan

Diketahui, 60 planet baru ini merupakan hasil pengamatan 1.600 bintang diambil selama periode 20 tahun oleh astronom menggunakan teleskop raksasa Keck-I di Hawaii.

Sementara 54 lagi merupakan bagian dari Lick-Carnegie Exoplanet Survey, yang dimulai pada tahun 1996 oleh astronom Steve Vogt dan Geoffrey Marcy dari University of California dan Paul Butler, dari Carnegie Institute of Science, di Washington. (ren)