Metrosha, Robot Pemandu Wisata Rusia yang Bisa Melucu

Robot Metrosha
Sumber :
  • www.mirror.co.uk/Moscow City Hall

VIVA.co.id – Pengelola sistem angkutan cepat Rusia, Metro Moscow, menghadirkan sebuah robot yang bisa melayani pertanyaan penumpang di stasiun. Robot ini diberi nama Metrosha, dan juga dikenal dengan istilah promobot, karena fungsinya bisa membantu promosi sesuatu.

Mobil Ini Laku 100 Ribu Unit dalam 3 Bulan

Uji coba pertama berhasil setelah Metrosha ditempatkan di stasiun utama Moscow Luzhniki di Moscow.

"Metrosha akan memberitahu penumpang informasi wisata, selain itu robot ini juga memiliki rasa humor, mengajak penumpang untuk berlelucon,” kata pengelola juru bicara Moscow City Hall dilansir Mirror, Kamis, 2 Maret 2017.

LPSK Putuskan Beri Perlindungan kepada Korban Dugaan Pelecehan Rektor Nonaktif UP

Juru bicara itu mengatakan, robot pintar bermata biru ini juga memiliki kemampuan untuk mengingat wajah orang-orang yang ditemui. Setelah Metrosha mengedipkan mata, rupa wajah orang dilihatnya otomatis tersimpan dalam memori.

“Metrosha bisa mengambil foto dan mencetaknya,” ujar juru bicara itu.

1.048 Warga Binaan Lapas Tebingtinggi Peroleh Remisi Idul Fitri, 4 Langsung Bebas

Namun, kesuksesan uji coba Metrosha menimbulkan kekhawatiran di kalangan karyawan sistem angkutan cepat dan stasiun. Mereka khawatir dengan adanya robot canggih itu, mereka kehilangan pekerjaan dan diberhentikan oleh pengelola stasiun.

Sebelumnya, promobot ini telah diekspor ke China pada tahun kemarin. Tercatat sebanyak lima promobot telah hadir di Negeri Tirai Bambu. Tahun ini direncanakan akan ada 100 promobot yang akan diekspor. (ase)

Robot Promobot buatan Rusia

Pertama dalam Sejarah, Robot Ditangkap Polisi

Terjadi di Rusia saat unjuk rasa.

img_title
VIVA.co.id
22 September 2016