Respons Cepat Keluhan Warga, DKI Andalkan Robot Lumen

Kerja sama CSR PT Global Infotech Solution dengan Pemprov DKI Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eduward Ambarita

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjajaki kerja sama dengan PT Global Infotech Solution dalam rangka mengembangkan aplikasi informasi yang terintegrasi dengan program Jakarta Smart City yang telah dibuat. 

Jokowi Minta Bos Apple Bantu Pengembangan Smart City di IKN

Selama ini Pemprov sudah melibatkan Lumen Helpdesk untuk memberikan informasi kepada warga. Lumen Helpdesk merupakan robot helpdesk otomatis berbasis kecerdasan buatan yang dapat melayani pengguna melalui saluran pesan instan maupun media sosial.

Lumen Helpdesk membantu sejumlah warga lewat kanal pesan singkat dan pesan instan. Aplikasi itu juga akan memberikan tanggapan dari akun media sosial, untuk warga mendapatkan informasi tentang layanan Pemprov DKI Jakarta. Layanan itu akan ditanggapi secara cepat melalui sistem seperti informasi rumah sakit, lalu lintas hingga lokasi kantor kepolisian. 

Perusahaan Teknologi Jepang Siap Bantu IKN Jadi 'Smart City'

"Kami merasa Lumen memiliki aplikasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Jakarta. Dan untuk itu kami mendukung berkembangnya aplikasi tersebut dengan menyediakan server," kata Direktur PT Global Infotech Solution, Amon Fernandes di Balai Kota, Jakarta Jumat 3 Maret 2017. 

Sementara Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengapresiasi kerja sama yang dilakukan perusahaan teknologi dalam membantu program pemerintah di bidang informasi. Bantuan PT Global Infotech Solution, kata Ahok, berdasarkan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai perusahaan yang beroperasi di Jakarta. 

Membangun IKN jadi 'Smart City'

"Terima kasih atas kerja sama yang kita lakukan. Sangat membantu sekali lewat Twitter. Dan dengan seperti itu supaya orang bisa tambah pintar tahu informasi," kata Ahok.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI Jakarta, Dian Ekowati mengatakan, penggunaan teknologi informasi memudahkan fungsi pengawasan tata kelola pemerintahan di daerah. Bentuk pengawasan itu, kata Dian, juga melibatkan masyarakat di dalamnya dengan memanfaatkan teknologi informasi. 

"Penyelenggaraan tata kelola pemerintahan melalui teknologi informasi guna mendukung peningkatan efisiensi, efektivitas dan percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi serta perbaikan layanan umum," ujar Dian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya