Facebook Bikin Software untuk Prediksi Masa Depan

Logo Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic/Files

VIVA.co.id – Facebook terus berinovasi untuk menghadapi tren dan perkembangan masa depan. Divisi Kecerdasan Buatan Facebook sedang mengembangkan software atau perangkat lunak yang akan mengolah data untuk memprediksi masa depan. 

AI Bisa Tahu Hidup dan Mati Manusia

Dikutip dari Sputniknews, Jumat 10 Maret 2017, Facebook membayangkan, dengan modal menganalisis beberapa data saja, software tersebut bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. 

"Kami sangat tertarik dengan gagasan sistem pembelajaran yang mampu memprediksi masa depan," ujar Kepala Divisi Kecerdasan Buatan Facebook, Yann LeCun. 

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Dia mengatakan, software untuk memprediksi itu nantinya bisa dimanfaatkan dalam menebak apa yang dirasakan manusia. Misalnya, membedakan perasaan dan keinginan manusia. Bahkan, inovasi Facebook itu memungkinkan untuk memprediksi dinamika pasar modal atau menebak peristiwa di berbagai belahan dunia. 

"Anda cukup menunjukkan beberapa frame video dan software ini akan mencoba memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Menurut pendapat saya, banyak hal menarik di sini yang akan terjadi," ujar LeCun yang merupakan profesor New York University, Amerika Serikat. 

6 Laptop Bertenaga AI Siap Ramaikan Pasar Indonesia

Belakangan ini, Facebook memang sedang gencar mengeksplorasi area kecerdasan buatan. Perusahaan media sosial besutan Mark Zuckerberg itu memperbaharui kecerdasan buatan miliknya dan juga teknologi pengenalan pola untuk mencegah bunuh diri. (art)

Kecerdasan buatan (AI)

Berharap Implementasi AI Bisa Lebih Luas

Direktur Utama Feedloop AI, Muhammad Ajie Santika, berharap implementasi AI bisa lebih luas, bahkan seluruh Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024