Nokia Mulai Tawarkan Teknologi 5G

Ilustrasi Teknologi 5G.
Sumber :
  • www.v3.co.uk

VIVA.co.id – Nokia sudah ancang-ancang untuk menyiapkan teknologi jaringan 5G. Bersama dengan operator telekomunikasi utama di India, di antaranya Bharti Airtel dan Bharat Sanchar Nigam, Nokia sepakat untuk mentranformasi infrastruktur jaringan yang ada saat ini di Negeri Hindustan itu agar mendukung 5G. 

Ambisi China Jadi Superpower Teknologi 5G

"Nota kesepahaman ini akan mengenalkan 5G dan termasuk langkah yang diperlukan, di samping mengidentifikasi aplikasi untuk menentukan target segmen yang akan mengarahkan pada strategi 5G bagi operator telekomunikasi," ujar Kepala Pemasaran Nokia India, Sanjay Malik, seperti dikutip Economic Times, Rabu 12 April 2017.

Dia mengatakan, uji coba aplikasi, konten sampai area 5G akan dimulai pada 2018. Saat ini Nokia sudah memasok peralatan 4G untuk jaringan Airtel untuk sembilan area yakni Gujarat, Bihar, UP East, Mumbai, MP, West Bengal, Odisha, Punjab dan Kerala. 

Swedia Blokir Huawei, Ericsson Takut China

Momentum transisi ke 5G di India mendapat dukungan dari pemerintah, yang sedang menyiapkan lelang spektrum frekuensi 3000 MHz. Malik berharap, dengan transisi ke 5G ini, masyarakat bisa merasakan pengalaman koneksi yang berbeda nantinya. 

Sebagai pendukung transisi jaringan ke 5G, Nokia membangun divisi percobaan di pusat penelitian dan pengembangan, di Bengaluru. Pusat pengembangan ini sekaligus untuk menarik mitra yang menginginkan 5G dan mendorong teknologi baru di India. 

KPPU Ungkap Dampak Buruk Kerja Sama Ini untuk Industri Telekomunikasi

Namun niatan Nokia itu memang ada kendala. Operator telekomunikasi di India termasuk lambat untuk meningkatkan teknologi jaringan mereka.Menurut riset perusahaan pasar, Counterpoint, lebih dari 90 persen pelanggan ponsel di India, yang mencapai miliaran, masih berjalan pada jaringan 2G pada akhir tahun lalu. (ren)

Teknologi 5G.

Teknologi 5G Menyapa Jababeka

Telkom dan Telkomsel bersama Jababeka Infrastruktur menjalin kolaborasi strategis untuk pengembangan teknologi 5G di Kawasan Industri Jababeka Cikarang, Jawa Barat.

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022