Lapan Bantu Awasi Transportasi Jakarta Lewat Satelit

Kondisi lalu lintas Jakarta
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menandatangani kerja sama dengan Badan Pusat Statistik dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau Lapan untuk memperkuat basis perencanaan pembangunan ibu kota.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, kerja sama yang dilakukan dengan Lapan akan sangat banyak manfaatnya untuk Pemprov DKI. Beberapa di antaranya yaitu pemanfaatan data dan iptek. 

"Ini dapat memperkuat basis perencanaan kami, sehingga mewujudkan Jakarta yang baru," kata Djarot di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu 31 Mei 2017

Beda dengan Daerah Lain, Driver Ojol di Bali Mesti Wajib Bisa Bahasa Asing

Menurut Djarot, melalui satelit dan teknologi canggih yang dimiliki oleh Lapan, Pemprov DKI dapat mengontrol kawasan ibu kota dari udara. Lapan juga mempunyai data dan informasi yang akurat mengenai potensi Jakarta ke depan.

"Lapan bisa potret dan berikan gambaran serta data tentang arus keluar masuk kendaraan yang ada di Jakarta, termasuk merancang sistem transportasi dan mengintegrasikan moda transportasi," ujar Djarot.

6 Orang Hilang usai Runtuhnya Jembatan Baltimore Diduga Tewas, Pencarian Dihentikan

Selain itu, Djarot mengatakan, melalui Lapan, Pemprov DKI dapat memiliki data yang akurat untuk pembangunan, seperti salah satunya pembangunan ruang terbuka hijau.

"Dengan (kerja sama) Lapan, kami juga dapat mengetahui dengan akurat berapa jumlah ruang terbuka hijau. Bukan hanya yang disediakan pemerintah, tetapi juga yang dimiliki oleh swasta," ujarnya.

Kerja sama dengan Lapan juga bermanfaat untuk meningkatkan penghasilan warga Jakarta yang berada di sekitar pesisir pantai, terutama yang berprofesi sebagai nelayan.

"Termasuk dengan informasi yang detail seperti di mana ikan-ikan itu berkumpul. Itu juga dapat memudahkan nelayan cari ikan. Basis data ini sangat dibutuhkan Jakarta," ujarnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya