Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 14 Juni 2017 | 16:16 WIB
  • Paket Aneh Andromax dan IM3, Ini Respons Bos Indosat

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Siti Sarifah Alia
Paket Aneh Andromax dan IM3, Ini Respons Bos Indosat
Photo :
  • Instagram/jangantulalit
Paket penjualan smartphone Andromax dengan bonus kartu IM3

VIVA.co.id – Belum lama ini beredar unggahan foto di Instagram soal paket penjualan smartphone keluaran Smartfren, Andromax dengan bonus kartu perdana IM3 Indosat Ooredoo. Foto itu menjadi perhatian beberapa pengguna internet, sebab dalam paket penjualan dianggap aneh. Membeli Andromax, maka konsumen akan mendapat bonus kartu Indosat Ooredoo. Padahal, Smartfren dan Indosat Ooredoo merupakan operator seluler yang saling bersaing. 

Menanggapi penilaian aneh paket penjualan tersebut, Direktur Utama dan Chief Executive Officer Indosat Ooredoo, Alexander Rusli mengatakan, tidak ada yang aneh dalam paket tersebut. 

Alex menuturkan smartphone Andromax bisa dimasukkan kartu SIM operator apa saja, sebab Andromax merupakan smartphone yang sudah mendukung 4G LTE. Paket itu baginya tak masalah, apalagi Andromax selama ini dikenal sebagai smartphone dengan dua kartu SIM. 

"Kalau handset dijual murah, kalau di-bundling memangnya kenapa?" ujar Alex. 

Dia menuturkan, dalam hal kerja sama paket Indosat Ooredoo mengaku terbuka dengan siapa pun dan tidak eksklusif pada entitas tertentu. "Terserah saja mau sama yang lain bisa saja," kata dia.

Bos Indosat Ooredoo itu mengatakan dalam hal kompetisi layanan telekomunikasi, Indosat bersaing dengan Smartfren, bukan dengan Andromax yang merupakan kategori perangkat. 

Sementara Smartfren mengatakan, sejauh ini tidak ada kerja sama paket dengan Indosat Ooredoo. Head of Public Relations PT Smartfren Telecom, Ciba Gangga menduga, munculnya paket Andromax dengan bonus kartu IM3, merupakan inisiatif distributor penjualan. Dia menegaskan, bonus kartu IM3 itu bukan hasil kerja sama antaroperator. 

"Sejauh ini kami enggak ada kerja sama dengan Indosat Ooredoo. Belum ada kerja sama," katanya. 

Ciba menduga, inisiatif distributor penjualan Andromax menambahkan bonus kartu IM3 untuk menarik minat calon konsumen. Apalagi Andromax memang punya dua slot kartu SIM. Ciba mengatakan kemungkinan kartu IM3 itu untuk mengisi slot GSM yang tersedia pada Andromax. 

"Itu bundling dari tokonya kemungkinan, tokonya yang inisiatif. Paket yang seperti itu banyak kok di Roxy," ujar dia. 

Munculnya paket Andromax dengan bonus kartu IM3 Indosat Ooredoo memunculkan spekulasi merger antara Smartfren dan Indosat Ooredoo. Isu ini sebelumnya sudah pernah menghangat pada tahun lalu.