Fidget Spinner Dimainkan di Antariksa, Begini yang Terjadi

Ilustrasi fidget spinner dimainkan di luar angkasa
Sumber :
  • www.mashable.com/Bob Al Greene

VIVA.co.id – Dunia saat ini sedang demam permainan fidget spinner. Tua muda sampai anak-anak memainkan benda yang dimainkan di tangan tersebut. Salah satu hal menarik memainkan fidget spinner adalah lamanya benda tersebut berputar, bisa mencapai beberapa menit. Beragam gaya dan variasi memainkan fidget spinner juga kini sudah dicoba.

VIDEO: Lupakan Fidget Spinner, Mainan Anyar Ini Bisa Berputar 27 Jam

Nah, apa yang terjadi saat fidget spinner dimainkan di luar angkasa yang punya lingkungan sangat berbeda dengan Bumi. Sebagaimana jamak diketahui, lingkungan luar angkasa merupakan area vakum, beda dengan Bumi dengan gravitasinya.

Dikutip dari Mashable, Senin 19 Juni 2017, menurut Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), fidget spinner yang dimainkan di Stasiun Antariksa Internasional atau ISS, tetap akan berputar sangat mirip dengan yang terjadi di Bumi. Fidget spinner akan bisa berputar dan berhenti berputar karena kondisi lingkungan ISS. 

VIDEO: Begini Bedanya Fidget Spinner Berputar di Antariksa

"Sebuah fidget spinner di ISS masih akan mengalami gesekan dan hambatan udara yang akan menyebabkannya berhenti berputar," jelas juru bicara NASA, Dan Huot dalam penjelasannya melalui email. 

Teorinya begini, fidget spinner berputar lantaran bagian tengahnya, roda bola bearing, yang memungkinkan bagian luar fidget spinner berputar mengelilingi poros tengahnya. 

Wujud 'Fidget Spinner' Berusia 4000 Tahun dari Irak Kuno

Selama poros bearing berfungsi, maka fidget spinner tetap akan bekerja walau gesekan rendah, dan tekanan udara tetap akan melambatkan putaran fidget spinner sebelum menghentikannya. hal itu terjadi termasuk di lingkungan Stasiun Antariksa Internasional. 

Meski fidget spinner di ISS berputar sesuai di Bumi, tapi menariknya, NASA menuturkan, fidget spinner akan berputar sedikit lebih lama akibat kurangnya tekanan udara. 

Hal menarik lainnya, jika astronaut bisa memutar tiap bagian benda itu, maksudnya bukan hanya memutar porosnya, maka fidget spinner bisa berputar tanpa henti. 

"Jika fidget spinner dalam ruang vakum dan tak bergesekan dengan apa pun, maka itu akan berputar dalam waktu yang sangat lama, walaupun saat ini dalam jangka waktu lama tetap akan melambat nantinya," jelas fisikawan teoritis Robert McNees.

NASA memberi sinyal fidget spinner bisa dikirimkan ke ISS dalam waktu yang tak lama lagi. 

"Kami mungkin memilih stasiun pada akhir tahun ini untuk beberapa demo edukatif, jadi tunggu saja," kata Huot. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya