Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 21 Juni 2017 | 16:08 WIB
  • Perusahaan Rusia Siapkan Pesawat Soyuz Jadi Taksi Antariksa

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Perusahaan Rusia Siapkan Pesawat Soyuz Jadi Taksi Antariksa
Photo :
  • www.pixabay.com/WikiImages
Wahana antariksa Soyuz

VIVA.co.id – Perusahaan roket antariksa Rusia, Energiya, siap mengubah pesawat antariksa mereka menjadi taksi luar angkasa. Wahana antariksa Soyuz bisa dialihfungsikan sebagai taksi antariksa untuk memenuhi kebutuhan wisata ke luar Bumi. 

Chief Executive Officer (CEO) Energiya, Vladimir Solntsev, menuturkan, kepastian pesawat Soyuz diubah menjadi taksi antariksa menunggu wahana generasi penerus Soyuz, Federatsiya resmi beroperasi. 

"Saya pikir wahana Soyuz punya hak untuk melanjutkan kehidupannya. Selama ada pasar pariwisata antariksa dan wahana ini bisa dipakai sebagai komponen penting," ujar Solntsev dikutip dari Taas, Rabu 21 Juni 2017.

Selain potensi sebagai taksi antariksa, Energiya menimbang kemungkinan meningkatkan wahana Soyuz dipakai untuk misi mengelilingi Bulan. Solntsev menjelaskan, begitu wahana Soyuz bisa ditingkatkan kemampuannya menjadi lebih cepat, maka akan membuat wahana tersebut menjadi sistem penting yang sempurna. Sistem itu nantinya bisa diteruskan dan dipakai pada wahana generasi Federatsiya. 

Untuk diketahui, wahana berawak Soyuz telah digunakan Rusia untuk misi orbit sejak 1967. Sejak itu, Soyuz telah beberapa kali dimodernisasi. Pada saat ini, Rusia menggunakan Soyuz dengan tiga kursi untuk mengirimkan kosmonautnya ke Stasiun Antariksa Internasional. 

Sementara itu, wahana Federatsiya dibuat untuk mengirimkan awak dan kargo ke Bulan dan stasiun orbit pada orbit Bumi. Wahana ini dijadwalkan akan meluncur dari Baikonur, Kazakhstan pada 2022. (art)