Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 23 Juni 2017 | 15:41 WIB
  • Ramadan, Banyak Pelanggan Gojek Dijemput di Masjid

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Ramadan, Banyak Pelanggan Gojek Dijemput di Masjid
Photo :
  • REUTERS/Beawiharta
Ilustrasi Gojek di Jalan Raya

VIVA.co.id – Gojek merilis data perilaku penggunanya pada saat Ramadan. Pada bulan suci tersebut, data analitik Gojek mengungkapkan bagaimana keseharian pengguna Gojek dari dan ke mana saat Ramadan. 

Tim Business Intelligence Gojek membandingkan data pengguna empat pekan sebelum Ramadan dan sepekan saat Ramadan. Dari perbandingan itu, ternyata banyak pengguna Gojek yang beraktivitas di masjid-masjid. 

"Terdapat peningkatan pemesanan layanan transportasi Gojek rata-rata sebesar 58,01 persen pada beberapa lokasi penjemputan yang berasal dari area masjid-masjid di Jakarta," tulis Tim Business Intelligence Gojek dalam keterangan di blog perusahaan, dikutip Jumat 23 Juni 2017. 

Selain itu, momen Ramadan juga mengubah pemesanan pada layanan Go Food. Gojek mengungkapkan, saat sahur pemesanan makanan melalui Go Food meningkat signifikan. Pemesanan makanan pada pukul sekitar 03.00, naik lebih dari 450 persen. 

Sementara pemesanan makanan jelang berbuka, yakni pukul 16.00 naik 75 persen, untuk persiapan berbuka.

"Bukan hanya itu perubahan yang terjadi, karena umat Muslim berpuasa hingga sore, jam sibuk makan siang yang biasanya pukul 12.00 hingga 01.00 siang turun lebih dari 25 persen," tulis tim Gojek tersebut. 

Gojek menuturkan, sejak awal Ramadan, satu dari empat pengguna Gojek memanfaatkan Go Food hanya saat waktu sahur dan berbuka.