Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 4 Juli 2017 | 10:52 WIB
  • Wadah Bayi Ini Dibuat dengan Teknologi Formula 1

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Wadah Bayi Ini Dibuat dengan Teknologi Formula 1
Photo :
  • www.bbc.com/Williams
Babypod 20 yang dibuat dengan sentuhan teknologi Formula 1

VIVA.co.id – Teknologi Formula 1 ternyata bisa diterapkan untuk lintas industri. Tim balap Williams Formula 1 menciptakan sebuah wadah bayi yang dibuat dengan menggunakan teknologi yang sama pada mobil balap tersebut. 

Wadah bayi yang dikembangkan tim Williams Formula 1 yakni Babypod 20, Wadah ini didesain khusus untuk mengangkut bayi yang mengalami sakit kritis. Babypod 20 bisa digunakan, misalnya, dengan menggunakan mobil, ambulans maupun helikopter. 

Dikutip dari BBC, Selasa 4 Juli 2017, pembuatan Babypod 20 menggunakan bahan dan teknik sama yang dipakai dalam pembuatan mobil Williams Formula 1. 

Pembuatan Babypod 20 tak mudah. Wadah khusus bagi bayi punya suhu yang konstan, terlindungi dari getaran dan kebisingan. Tim media juga bisa memantau bayi di dalamnya dengan mudah. 

Mulanya Babypod 20 itu dirancang oleh Advanced Healthcare Technology (AHT), perusahaan yang mengembangkan sistem transportasi bagi bayi. Desain AHT memang sudah lumayan praktis dan ringan, tapi kemudian anak bisnis Williams Formula 1, William Advanced Engineering, terjun dalam proyek itu dan mengembangkan desain baru yang lebih bagus.

Pada desain baru, Babypod 20 wujudnya ramping dan ringan dengan penutup transparan yang bisa digeser. Interior tempat bayi itu juga empuk dan membuat aman saat mengangkut bayi dalam kondisi kritis.  

"Bahan yang ringan, komposit, aerodinamik, semua teknologi tersebut bisa diaplikasikan dengan mudah pada industri, sektor, proyek dan produk lainnya. Bahan itu untuk membuat hal yang lebih baik dan lebih aman, dalam hal ini adalah Babypod 20," ujar Deputi utama Williams Formula 1, Clare Williams. 

Kehadiran Babypod 20 itu paling tidak bisa menjadi alternatif bagi transportasi bayi yang mudah. 

Sebelumnya inkubator sudah jamak dimanfaatkan untuk merawat bayi yang butuh kondisi khusus. Namun inkubator dinilai tidak praktis dan efisien. Inkubator tergolong berat, membutuhkan pasokan listrik eksternal dan perlu kendaraan khusus untuk membawanya. 

Babypod 20 ini sudah digunakan oleh Layanan Transportasi Anak Akut di Great Ormond Street Hospital, London. Rencananya Babypod 20 akan diperluas penggunaannya. Harga wadah bayi tersebut £5000 atau Rp86,35 juta. 

"Pengangkutan yang cepat dan efektif bisa menyelamatkan nyawa dalam situasi darurat. Babypod memungkinkan fleksibilitas dan kemampuan manuver yang lebih baik saat memindahkan bayi yang sakit kritis," ujar Manajer Operasional Layanan Transportasi Anak Akut, Eithne Polke.