Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 6 Juli 2017 | 11:24 WIB
  • Unik, Pembangkit Surya Ini Berbentuk Panda

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Unik, Pembangkit Surya Ini Berbentuk Panda
Photo :
  • www.inhabitat.com/ China Merchants New Energy and Panda Green Energy
Pembangkit bertanaga surya di Tiongkok

VIVA.co.id – Pemerintah Tiongkok sedang berupaya untuk mengurangi emisi karbon di negerinya. Belum lama ini, Tiongkok telah membangun pembangkit bertenaga surya di Datong, Shanxi yang unik, lantaran susunan panel surya membentuk wujud Panda raksasa. Karena bentuknya, pembangkit surya ini dinamakan Panda Power Plant. 

Dikutip dari Shanghaiist, Kamis 6 Juli 2017, proyek ini telah dimulai Panda Green Energy pada 2016 dengan menggandeng United Nations Development Program (UNDP). Proyek ini bertujuan untuk mempromosikan pengembangan sumber energi terbarukan di Negeri Tirai Bambu. 

Untuk membangun panel surya Panda raksasa itu, tim proyek melibatkan dua warna panel, yakni hitam dan putih. Panel hitam dan putih itu disusun sedemikian rupa, sehingga membentuk wujud Panda. 

Pada tahap pertama, pembangkit surya Panda raksasa itu telah terhubung dengan jaringan listrik. Panel surya itu telah menyediakan setidaknya energi terbarukan sebesar 50 megawatt. 

Selanjutnya, begitu konstruksi pembangkit bertenaga solar itu selesai sepenuhnya, akan mampu menghasilkan energi 100 megawatt. Diharapkan dalam 25 tahun ke depan, pembangkit bertenaga solar itu bisa membantu mengurangi emisi karbon di Tiongkok hingga 2,74 juta ton. 

Dalam lima tahun ke depan, Panda Green Energy bersama dengan China Merchants New Energy ingin memperluas proyek ini di dalam maupun luar Tiongkok. (art)