Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 7 Juli 2017 | 12:19 WIB
  • Begini Wujud Kereta Tenaga Surya Pertama di Dunia

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Begini Wujud Kereta Tenaga Surya Pertama di Dunia
Photo :
  • www.theage.com.au/Byron Bay Railroad Company
Kereta bertenaga surya Byron Bay Railroad Company

VIVA.co.id – Perusahaan kereta Australia, Byron Bay Railroad Company membuat terobosan teknologi dalam pengoperasian layanan mereka. Perusahaan ini mengembangkan kereta bertenaga surya pertama di dunia. 

Kereta bertenaga surya sebenarnya bukan hal baru. Sebelumnya di India sudah ada kereta bertenaga surya, namun di Negeri Hindustan itu, tenaga surya pada kereta difungsikan untuk mendayai lampu dan ventilasi pada rangkaian gerbong kereta. Sementara inovasi yang dipoles Byron Bay Railroad Company, tenaga sinar Matahari mendayai sepenuhnya operasi kereta mereka. 

"Saya pikir ini adalah yang pertama di dunia," ujar Chief Executive Australian Solar Council, John Grimes dikutip dari The Age, Jumat, 7 Juli 2017. 

Kereta tenaga surya perusahaan Australia itu masing-masing beroperasi selama tiga kilometer dari Danay Byron ke North Beach, dekat resort bintang lima milik pendiri Byron Bay Railroad Company. 

Bicara soal spesifikasi, pada bagian atap kereta tenaga surya pertama di dunia ini dilengkapi dengan panel surya fleksibel dan baterai surya 77 kilowatt. 

Bukan hanya gerbong kereta saja, stasiun kereta yang terletak di Byron utara juga dipasok dengan panel surya 30 kilowatt. Panel surya pada stasiun itu akan memasok jaringan listrik saat tidak mengisi daya kereta tersebut. 

Juru bicara Byron Bay Railroad Company, Jeremy Holmes menuturkan, perusahaan berencana akan mengoperasikan dua kereta pengangkut bertenaga surya itu sebelum Natal tahun ini. 

Menurut rencana, kereta tenaga surya ini akan beroperasi pada jalur Casino ke Murwillumbah yang telah ditutup sejak 2004. Nantinya operasi kereta tenaga surya ini akan melayani 14 perjalanan dalam sehari dari pukul 08.00 sampai 22.00. Jadwal perjalanan akan bertambah bila terdapat berbagai event tertentu di sekitar jalur kereta. 

Holmes menuturkan, perusahaan sudah mengantisipasi saat sinar Matahari tidak maksimal memasok tenaga pada panel surya. 

"Bahkan jika Matahari tak bersinar dalam periode lama, baterai kereta ini bisa dicas dari daya listrik yang tersertifikasi Listrik Ramah Lingkungan," jelasnya. 

Stasiun North Beach selatan Byron Bay yang telah dilengkapi dengan panel surya

Kereta tenaga surya itu juga tetap mempertahankan mesin diesel, yang difungsikan sebagai back up tenaga kereta saat dalam keadaan darurat.

Hadirnya kereta tenaga surya ini mendapat sambutan positif dari para pakar. Spesialis energi terbarukan Australia Institute, Dan Cass menjelaskan, baru kali ini dia menyadari ada inovasi tersebut. 

"Ini adalah pertama kalinya kami mendengar kereta dengan ukuran tersebut bertenaga surya, dengan modul fofovoltaik pada atap kereta," jelasnya. 

Photovoltaic (PV) adalah suatu sistem atau cara langsung untuk mentransfer radiasi Matahari atau energi cahaya menjadi energi listrik.  

Holmes menuturkan, sejatinya perusahaan sudah dua tahun lalu mengajukan izin kereta tersebut yang berbasis diesel. Namun kemudian pada Desember tahun ini perusahaan berkomitmen untuk mengubah kereta menjadi tenaga surya. 

"Teknologi telah berkembang pesat dan kami mempercepat konversi ini," ujar Holmes.