Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 12 Juli 2017 | 11:29 WIB
  • VIDEO: Bagian Dalam Otak Manusia Paling Detail

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
VIDEO: Bagian Dalam Otak Manusia Paling Detail
Photo :
  • Pixabay/Geralt
Ilustrasi otak

VIVA.co.id – Struktur otak telah menjadi objek riset para peneliti. Salah satunya bagaimana otak manusia bekerja. Kolaborasi peneliti di Universitas Cardiff, Inggris dan Siemen Healthineers, Amerika Serikat telah menghasilkan gambaran paling detail otak manusia.

Teknologi ini membantu para ilmuwan memahami bagaimana fungsi otak dan mengumpulkan wawasan dalam penanganan penyakit misalnya demensia, epilepsi dan multiple sclerosis.  

Peta paling detail otak manusia ini dibuat dengan mengambil otak salah satu koresponden medis BBC, Fergus Walsh dan relawan lainnya.

Dikutip dari BBC, Rabu 12 Juli 2017, untuk menghasilkan peta paling detail otak manusia itu, peneliti Siemen Healthineers menggunakan komputer andalan mereka.

Peneliti menggunakan data pemindaian otak untuk memproduksi gambar otak Walsh dengan mengadaptasi teknik yang digunakan dalam industri film. Gambar yang dihasilkan ini menampilkan kompleksitas koneksi yang mendasari fungsi otak. 

Sementara peneliti Universitas Cardiff berkontribusi dengan memindai otak Walsh pada Cardiff University Brain Research Imaging Centre (CUBRIC) dengan menggunakan pemindai MRI paling bagus di Eropa, Magnetom Skyra Connectom 3T.

Selain Walsh, proyek ini juga melibatkan relawan lain, Sian Rowlands yang memiliki penyakit multiple sclerosis.

Pemindaian konvensional memang bisa menunjukkan area kerusakan pada otak pasien multiple sclerosis. Namun pemindaian canggih dalam proyek ini mampu menunjukkan hal yang lebih, yakni kepadatan aksonal yang bisa membantu menjelaskan bagaimana area kerusakan mempengaruhi jalur motorik dan kognitif pada pasien multiple sclerosis.

Dalam gambar detail otak manusia ini, materi putih yang menunjukkan serat padat pembentuk bagian dalam otak manusia. 

Materi putih ini merupakan kabel pembawa miliaran sinyal listrik dari berbagai seksi di dalam otak. 

Peneliti dalam proyek ini memberi kode warna pada otak manusia, yang mewakili arah perjalanan pada otak manusia. 

Warna hijau menunjukkan perjalanan dari otak belakang ke bagian depan, warna merah menunjukkan perjalanan otak manusia dari kiri ke kanan. Sedangkan warna biru menunjukkan arah perjalanan dalam otak manusia dari atas dan bawah. 

"Video detail luar biasa dalam pemindaian ini menunjukkan peluang yang tersedia bagi Tim CUBRIC. Tim punya akses ke peralatan canggih di dunia," ujar Direktur CUBRIC, Derek Jones dikutip dari laman Universitas Cardiff.

Dia menuturkan, pemindaian mikrostruktural otak manusia itu akan dipakai dalam penelitian yang berpotensi positif dalam kehidupan orang di seluruh dunia.