Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 12 Juli 2017 | 17:21 WIB
  • Microsoft 'Bunuh' Windows Phone

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Microsoft 'Bunuh' Windows Phone
Photo :
  • www.pixabay.com/StockSnap
Ilustrasi ponsel berbasis Windows Phone

VIVA.co.id – Microsoft mengumumkan telah menyetop dukungan pada Windows Phone 8.1. Microsoft memutuskan membunuh sistem operasi mobile itu setelah lebih dari memberikan update pertama pada 14 April 2014. 

Dikutip dari The Verge, Rabu 12 Juli 2017, keputusan ‘membunuh’ Windows Phone 8.1 itu menandai akhir dukungan pada jutaan perangkat yang masih menjalankan sistem operasi tersebut. 

Dalam keterangan di websitenya, Windows Phone 8.1 masuk dalam salah satu daftar produk Microsoft yang akan disetop dukungannya pada 2017. Dukungan Microsoft terhadap Windows Phone 8.1 berhenti pada 11 Juli 2017. 

Menurut data dari AdDuplex, diperkirakan hampir 80 persen ponsel berbasis Windows saat ini masih menjalankan Windows Phone 7, Windows Phone 8 dan Windows Phone 8.1. Sedangkan 20 persen dari ponsel berbasis Windows saat ini sudah menjalankan Windows 10 Mobile. 

Rincian data AdDuplex per 26 Juni menunjukkan, Windows Phone 8 masih berjalan pada 73,9 persen perangkat, kemudian 20,1 persen menjalankan Windows 10 Mobile, 1,6 persen berjalan pada Windows Phone 7 dan 4,2 persen perangkat yang menjalankan Windows 8.

Windows Phone 8.1 merupakan pembaharuan besar dari sistem operasi Windows Phone 8. Pada versi 8.1 itu, Microsoft menghadirkan asisten digital Cortana, pusat notifikasi baru, perubahan antarmuka dan update lainnya. 

Windows Phone8.1 juga menandai upaya keras Microsoft dalam menggenjot Windows Phone, tapi sayangnya upaya tersebut belum berbuah manis. Sebab sistem operasi itu kalah saing dengan Android dan iOS yang nyaris menguasai seluruh pangsa pasar perangkat mobile dengan raihan 99,6 persen. 

Saat Microsoft masih mempertahankan dukungan pada Windows 10 Mobile, belum diketahui bagaimana nasib sistem operasi besutan Microsoft ini di masa depan. 

Microsoft memang mendorong pembaharuan ke Windos Phone 8, tapi sayangnya raksasa software itu nyaris tak menyertakan pembaharuan fitur dalam Windows 10 Mobile Creator Update. Microsoft hanya menambahkan sejumlah fitur pada Windows 10 Fall Creatos Update for PC yang bakal segera hadir. 

Beberapa rumor menyebutkan, Microsoft telah ancang-ancang dan membuat pengembangan Windows Mobile yang akan mempertahankan hingga akhir 2018.