Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 13 Juli 2017 | 19:16 WIB
  • Waspadalah, Serangan Ransomware Makin Variatif

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Afra Augesti
Waspadalah, Serangan Ransomware Makin Variatif
Photo :
  • Hothardware
Tampilan serangan ransomware Petya.

VIVA.co.id – Tren serangan siber di masa mendatang masih tetap marak terjadi. Variasi serangan pun akan semakin beragam.

Saat ini perusahaan-perusahaan keamanan siber dinilai cukup mampu menghentikan serangan Ransomware WannaCry dan Petya. Namun, tindakan itu dirasa masih kurang karena para peretas akan kian agresif demi mendapatkan keuntungan materi.

Demikian peringatan dari Country Director Palo Alto Networks Indonesia, Surung Sinamo. "Ke depan, kita percaya frekuensi (serangan Ransomware) akan semakin banyak. Varian-varian baru dari Ransomware akan semakin beragam. Karena, ujung-ujungnya profit," kata dia di Jakarta, Kamis 13 Juli 2017.

Surung menegaskan, perlu adanya solusi cepat untuk mengatasi wabah Ransomeware. Karena, menurutnya, apabila solusi hanya didasarkan pada signature saja, maka bridge (pendeteksi virus) dapat muncul saat komputer terinfeksi varian baru dari serangan virus tersebut.

"Kan semisal signature-nya belum ada. Jadi, yang tadinya terfokus pada detect remedy (mengobati) akan kalah. Maka dari itu, kami fokus bukan hanya pada detect remedy, tapi prevent (pencegahan). Ini bisa menjawab tantangan dari varian-varian baru Ransomware," katanya menjelaskan.

Oleh sebab itu, Surung mengingatkan pentingnya melindungi perangkat komputer dengan solusi keamanan. Ia mencontohkan sistem keamanan yang diterapkan di sebuah bank.

Menurutnya, fitur 'WildFire Private Cloud Appliance' yang disematkan dalam sistem keamanan bank mampu mendukung pihak bank dalam melakukan analisis untuk setiap file yang mencurigakan, seperti saat berada di sebuah lingkungan analisis malware lokal.

Tindakan ini akan mendorong diterapkannya pencegahan terhadap setiap upaya yang membawa ancaman bagi sistem keamanan. Terlebih, apabila sistem keamanan itu memenuhi seluruh persyaratan regulasi dan privasi, tanpa mengorbankan kokohnya bangunan keamanan. (ren)