Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 14 Juli 2017 | 12:21 WIB
  • Anak Harimau Sumatera Lahir di Kebun Binatang AS

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia,
    • Afra Augesti
Anak Harimau Sumatera Lahir di Kebun Binatang AS
Photo :
  • VIVA.co.id/Twitter
Dua anak Harimau Sumatera yang baru lahir di Kebun Binatang Bukit Tinggi Sumatera Barat. Di Indonesia konflik satwa dan manusia dan rusaknya habitat menjadi ancaman terhadap hewan-hewan ini,

VIVA.co.id – Seekor anak harimau Sumatera dikabarkan lahir di Smithsonian National Zoo di Washington, D.C. pada hari Selasa 11 Juli 2017. Anak harimau tersebut adalah salah satu dari empat binatang yang lahir di kebun binatang Amerika Serikat minggu ini.

Spesies harimau Sumatera diklasifikasikan sebagai 'yang sangat terancam punah' oleh International Union for Conservation of Nature. World Wildlife Fund mencatat, ada sekitar 400 hingga 500 ekor harimau Sumatera yang tersisa di alam liar. Punahnya mamalia ini dikarenakan perburuan dan penggundulan hutan di wilayah asalnya, Indonesia.

Kebun binatang, seperti Smithsonian, adalah bagian dari upaya untuk melestarikan spesies tersebut. Sebelumnya, pada hari Sabtu 8 Juli 2017, tiga ekor anak harimau Sumatera lahir di Kebun Binatang Oklahoma City.

"Ini adalah saat menyenangkan bagi kami. Bukan hanya karena kebun binatang ini memiliki anak harimau yang terlihat hebat, tapi juga karena gen hewan ini sangat berharga bagi populasinya di Amerika Utara," kata kurator habitat Great Cats Craig Saffoe, sebagaimana melansir laman VICE, Jumat, 14 Juli 2017.

Kelahiran ini adalah kedua kalinya bagi induk harimau tersebut, setelah sebelumnya sang induk melahirkan seekor jantan pada tahun 2013. Oleh karenanya, staf dari Smithsonian National Zoo terus memantau perkembangan anak harimau dan menyatakan mereka dalam kondisi stabil. 

Untuk sementara, anak harimau masih berada dalam tahap karantina sehingga belum bisa dipertontonkan kepada pengunjung. Setidaknya, sampai para staf mampu memastikan kesehatannya dan bisa lolos ujian berenang.