Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 18 Juli 2017 | 09:07 WIB
  • Internet Somalia Putus Tiga Pekan Lebih

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
Internet Somalia Putus Tiga Pekan Lebih
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi internet.

VIVA.co.id – Layanan internet Somalia pulih kembali setelah putus selama lebih dari tiga minggu atau 23 hari. Hal ini jelas menimbulkan kerugian lebih dari US$130 juta dolar AS (sekitar Rp1,7 triliun) bagi perekonomian salah satu negara miskin di Afrika itu.

Menteri Pos dan Telekomunikasi Somalia, Abdi Anshur Hassan mengatakan, jaringan internet yang terputus sejak 24 Juni lalu kini telah diperbaiki.

Sambungan hilang saat sebuah kapal memutus kabel serat optik bawah laut yang menghubungkan Somalia ke jaringan data global. Menurutnya, kapal yang menyebabkan gangguan tersebut adalah MSC Alice yang berbendera Panama. 

"Kerugian rata-rata dari putusnya layanan internet sekitar US$10 juta dolar AS (sekitar Rp13 miliar) per hari. Ini ‘bencana besar’. Pemerintah ingin menuntut pemilik kapal agar mereka membayar kerugian yang besar ini," katanya, seperti dikutip situs Voa, Selasa, 18 Juli 2017.

Para ekonom mengatakan bahwa terputusnya sambungan internet itu memiliki dampak besar pada bisnis Somalia, terutama kafe internet yang menyediakan akses online ke banyak warga di Somalia.

Tak hanya restoran dan kafe tetapi rumah sakit, kantor pemerintah serta berbagai jenis perusahaan lainnya, juga ikut terpukul dengan 'tewas' jaringan internet.

Hal tersebut berimbas kepada layanan perusahaan transfer uang yang menjadi sumber kehidupan bagi jutaan warga Somalia yang bergantung pada anggota keluarga mereka yang bekerja di luar negeri.