Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 19 Juli 2017 | 12:29 WIB
  • Hewan Marsupial Langka Lahir di Australia

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia
Hewan Marsupial Langka Lahir di Australia
Photo :
  • Arkive/ Dave Watts
Hairy-nosed Wombat

VIVA.co.id – Untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir, seekor hewan marsupial langka, wombat hidung berbulu lahir di negara asalnya, Australia. Wombat merupakan hewan yang masuk dalam kategori langka di dunia.

Wombat itu lahir di Richard Underwood Nature Refuge, yang berlokasi sekitar 500 kilometer barat Brisbane. Jumlah wombat diperkirakan hanya ada 250 ekor di alam liar.

"Ketika kami memulai program ini (konservasi wombat) pada 2009, jumlah wombat hidung berbulu hanya sekitar 138 ekor, berlokasi di Taman Nasional Hutan Epping," ujar Menteri Lingkungan Queensland, Steven Miles, kepada Xinhua.

Untuk melindungi marsupial yang langka itu, penyelenggara konservasi mengelilingi lahan dengan pagar yang kuat dan bisa melindungi dari para predator. Ditambahkan juga sejumlah titik air untuk wombat tersebut. Para staf konservasi pun bisa memantau perilaku para hewan tersebut karena dilengkapi dengan kamera dan peralatan pendukung lainnya.

"Kelahiran ini merupakan akhir penantian lama kami. Selama 10 bulan belakangan kami semakin mengintensifkan pemantauan," katanya.

Bayi marsupial bernama Joey itu keluar pertama kali dengan sikap pemalu. Namun para peneliti berharap Joey akan menjadi lebih aktif seiring dengan usia yang akan bertambah. (mus)