Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 20 Juli 2017 | 12:13 WIB
  • Dua Benda Misterius Jatuh dari Langit Agam Milik Roket CZ3

  • Oleh
    • Bayu Adi Wicaksono,
    • Andri Mardiansyah (Padang)
Dua Benda Misterius Jatuh dari Langit Agam Milik Roket CZ3
Photo :
Benda langit misterius yang terjatuh di sebuah ruas jalan aspal di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Selasa (18/7/2017)

VIVA.co.id – Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menduga benda asing berbentuk lempengan yang jatuh di wilayah Koto Tinggi, Gunung Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota, merupakan bagian dari serpihan tabung bahan bakar roket Long March/ Chang-Zheng 3 alias CZ3 milik Republik Rakyat Tiongkok.

Menurut Kepala Kantor BPAA LAPAN Kabupaten Agam, Syafrijon, lempengan itu diyakini berhubungan dengan benda misterius berbentuk bola yang jatuh dari langit di Jorong Kubu, Nagari Sungai Batang, Kabupaten Agam. 

Kedua benda itu merupakan bagian dari komponen roket RRT yang digunakan untuk meluncurkan satelit navigasi Beidou M1 pada13 April 2007.

Walau demikian, Syafrijon mengatakan, LAPAN masih melakukan penelitian terkait, apakah benda tersebut dari roket yang sama atau dari sampah antariksa yang lain.

"Dugaan sementara itu berasal dari roket yang sama. Kita akan teliti terlebih dahulu untuk memastikan itu," kata Syafrijon, Kamis 20 Juli 2017.

FOTO: Jejak jatuhnya benda misterius di Kabupaten Agam.

Ukuran awal roket tersebut lanjut Syafrijon, diperkirakan memiliki silinder dengan diameter tiga meter dan tinggi lima meter dan juga dilengkapi motor roket di dalamnya.

Saat masuk atmosfer, menurut Syafrijon, komponen roket pecah. Sebagian mungkin jatuh di lautan atau hutan. Sebagian lagi mungkin ke pemukiman penduduk. Dan ini yang terjadi di wilayah Agam dan Limapuluh Kota.

Sebelumnya, Kapolsek Suliki AKP Feri Arjoni mengatakan, benda berbentuk lempengan tersebut pertama kali ditemukan seorang petani di wilayah Pasia, Jorong Lokuang.

(Baca: Ternyata, Benda Misterius Juga Ditemukan di Limapuluh Kota)

Benda tersebut ditemukan berada di area persawahan warga. Saat ini benda itu sudah diamankan di Mapolres Limapuluh Kota. Bahkan untuk proses lebih lanjut, Polisi setempat sudah berkoordinasi dengan pihak Lapan, Agam.

Sementara itu benda misterius berbentuk bola yang ditemukan di Jorong Kubu, Nagari Sungai Batang, juga telah diamankan di kantor kepolisian setempat.

(Baca: Benda Misterius Jatuh dari Langit di Kabupaten Agam)