Madrasah Indonesia Berjaya di Ajang Robotik Internasional

Robot Indonesia dalam kompetisi First Global Challenge 2017
Sumber :
  • VOA Indonesia

VIVA.co.id – Tim robotik Indonesia kembali berjaya di pentas dunia. Dalam penyelenggaraan kompetisi robotik internasional First Global Challenge 2017, Tim Madrasah Aliyah TechnoNatura Depok, Jawa Barat berhasil meraih medali perak untuk kategori Inovasi Teknik Terbaik, dari total 10 kategori penilaian. 

RoboMaster, Ajang Ahli Robotik Dunia 'Tebar Pesona'

Kompetisi ini bertema kerja sama internasional dalam memecahkan krisis air bersih dunia. Tiap tim merakit robot mereka untuk memecahkan misi dalam kompetisi tersebut. Dalam kompetisi, air bersih dilambangkan dengan bola dan peserta ditugaskan untuk mengumpulkan, mengangkut dan meletakkan bola-bola tersebut ke tujuan. 

Poin tidak hanya dikumpulkan dalam kemampuan operasional robot, tapi dewan juri juga menilai aspek teknik dan non teknik. 

Ratusan Siswa Se-Jawa Tarung Robot di Yogyakarta

Dalam kompetisi itu, tim Indonesia bertarung dengan tim negara lain dalam enam ronde selama dua hari. Tim Indonesia membutuhkan waktu 2,5 bulan untuk riset robot mereka dan satu bulan untuk merancang robotnya. Tim Indonesia terdiri dari 10 siswa dan tiga guru pendamping. 

First Global Challenge 2017 merupakan kompetisi merakit robot tingkat siswa SMA di seluruh dunia. Kompetisi yang berlangsung di Washington DC selama 17-18 Juli 2017 itu diikuti peserta dari 160 negara.

Adu Canggih Robot Rakitan di BigBang Jakarta 2017

Robot sampah rancangan siswi MAN 1 Solo, Jawa Tengah, menjuarai kompetisi robot tingkat internasional di Bangkok, Thailand.

Video Robot Sampah Karya Siswi Madrasah Juara Kompetisi Internasional

Sonia Jneina Sagiri itu meraih medali emas gara-gara robot sampah.

img_title
VIVA.co.id
18 September 2019