Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 21 Juli 2017 | 13:46 WIB
  • Madrasah Indonesia Berjaya di Ajang Robotik Internasional

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Madrasah Indonesia Berjaya di Ajang Robotik Internasional
Photo :
  • VOA Indonesia
Robot Indonesia dalam kompetisi First Global Challenge 2017

VIVA.co.id – Tim robotik Indonesia kembali berjaya di pentas dunia. Dalam penyelenggaraan kompetisi robotik internasional First Global Challenge 2017, Tim Madrasah Aliyah TechnoNatura Depok, Jawa Barat berhasil meraih medali perak untuk kategori Inovasi Teknik Terbaik, dari total 10 kategori penilaian. 

Kompetisi ini bertema kerja sama internasional dalam memecahkan krisis air bersih dunia. Tiap tim merakit robot mereka untuk memecahkan misi dalam kompetisi tersebut. Dalam kompetisi, air bersih dilambangkan dengan bola dan peserta ditugaskan untuk mengumpulkan, mengangkut dan meletakkan bola-bola tersebut ke tujuan. 

Poin tidak hanya dikumpulkan dalam kemampuan operasional robot, tapi dewan juri juga menilai aspek teknik dan non teknik. 

Dalam kompetisi itu, tim Indonesia bertarung dengan tim negara lain dalam enam ronde selama dua hari. Tim Indonesia membutuhkan waktu 2,5 bulan untuk riset robot mereka dan satu bulan untuk merancang robotnya. Tim Indonesia terdiri dari 10 siswa dan tiga guru pendamping. 

First Global Challenge 2017 merupakan kompetisi merakit robot tingkat siswa SMA di seluruh dunia. Kompetisi yang berlangsung di Washington DC selama 17-18 Juli 2017 itu diikuti peserta dari 160 negara.