Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 24 Juli 2017 | 14:24 WIB
  • Telegram Kini Punya Fitur 'Penghancur' Foto dan Video

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
Telegram Kini Punya Fitur 'Penghancur' Foto dan Video
Photo :
  • REUTERS/Dado Ruvic
Ilustrasi/Aplikasi Telegram

VIVA.co.id – Layanan jejaring sosial Telegram kini memiliki fitur baru yang bisa menghapus foto maupun video dari teman sesama chatting (one-to-one chats).

Mengutip Mashable, Senin, 24 Juli 2017, layanan asal Rusia ini menawarkan enkripsi ujung ke ujung (end-to-end encryption). Artinya, kunci untuk mengenkripsi chatting akan disimpan hanya oleh pengguna.

Fitur terbarunya ini mampu menerapkan self-destruct message saat chatting berlangsung. Caranya, Anda tinggal mengatur timer, lalu memilih video dan foto yang akan dihapus.

Fitur ini mungkin tidak akan memuaskan pihak berwenang, yang baru-baru ini mendapat kecaman di beberapa negara, karena layanan ini memang didesain untuk percakapan rahasia dan mencegah penyadapan dari pihak Rusia.

Percakapan rahasia di Telegram berbeda dari pesan biasa. Sebab, bisa disinkronkan di seluruh perangkat dan antara desktop dan ponsel.

Telegram juga diklaim aplikasi chatting tercepat dan paling aman di dunia, sehingga percakapan rahasia hanya di-hosting pada perangkat pengirim dan penerima, dan tidak disimpan di komputasi awan (cloud) Telegram.

Seperti diketahui, Indonesia memblokir akses ke Telegram di web, dengan mengatakan bahwa layanan tersebut digunakan untuk menyebarkan propaganda radikal dan teroris. (ase)