Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 24 Juli 2017 | 17:45 WIB
  • Rusia Siap Bantu Indonesia Kembangkan Sistem Siber

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Afra Augesti
Rusia Siap Bantu Indonesia Kembangkan Sistem Siber
Photo :
  • VIVA.co.id/Afra Augesti
Direktur Asosiasi Ekspor Teknologi Keamanan Tinggi Rusia, Andrey Bezrukov

VIVA.co.id – Sebagai salah satu negara dengan sistem teknologi informasi yang canggih, Rusia bersedia membantu Indonesia dalam mengembangkan teknologi siber. Rusia memiliki sejumlah kemampuan di bidang teknologi yang bisa diterapkan oleh Indonesia.

Direktur Asosiasi Ekspor Teknologi Keamanan Tinggi Rusia, Andrey Bezrukov menyebutkan, selama ini Rusia selalu membangun sistem keamanan di negaranya secara independen. 

"Sistem teknologi Rusia sangat luas. Rusia juga merupakan satu dari dua negara yang memenuhi syarat gambaran tentang teknologi siber dan teknologi IT," katanya dalam acara Diskusi Meja Bundar Teknologi IT dan Keamanan Siber Rusia, di Hotel JW Marriot, Jakarta Selatan, Senin 24 Juli 2017.

Selain membangun sistem keamanan secara mandiri, Bezrukov mengatakan Rusia selalu bisa menghadirkan solusi asli pada kedua bidang tersebut. Solusi ini nantinya dapat diterapkan dalam beberapa kerja sama pengembangan lintas sistem.

"Yang ingin kami ajukan ke Indonesia adalah beberapa kerja sama antara lain kerja sama pengembangan sistem siber, sistem komunikasi, dan sistem big data," ucapnya.

Berdasarkan data Kaspersky, perusahaan antivirus asal Rusia, Indonesia menjadi korban terbesar kedua dari serangan ransomware WannaCry. Tertinggi atau posisi teratas ditempati Rusia. Kaspersky menilai, Indonesia harus terus mewaspadai serangan virus ransomware generasi lainnya. Sebab, WannaCry hanyalah satu dari sekian banyak jenis dari virus pemalak yang mewabah di dunia.