Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 26 Juli 2017 | 16:43 WIB
  • Kominfo Minta Operator Seluler Tidak Korbankan Hak Konsumen

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Afra Augesti
Kominfo Minta Operator Seluler Tidak Korbankan Hak Konsumen
Photo :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

VIVA.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengatakan, karakteristik Indonesia sebagai negara kepulauan sangat membutuhkan komunikasi terjangkau, termasuk komunikasi data.

Ia memprediksi layanan komunikasi data akan menjadi tulang punggung perekonomian digital di masa depan. Oleh karena itu, operator seluler diminta agar tidak mengorbankan kualitas layanan demi menjangkau banyak konsumen.

"Keterjangkauan tak hanya soal keberadaan layanan, tetapi juga tawaran layanan dengan harga terjangkau. Meski terjangkau, kualitas layanan jangan dikorbankan. Konsumen hanya ingin layanan data stabil," ujarnya, di Jakarta, Rabu 26 Juli 2017.

Rudiantara menegaskan bahwa pendekatan regulator adalah standar layanan minimum di mana komponen biaya maupun kepantasan yield data, bisa direfleksikan menjadi tarif rujukan.

"Peran regulator (Kominfo) membuat semua lebih mendekat antara produsen dan konsumen. Kalau bahasa sekarang itu negara hadir," ungkapnya.

Dengan demikian, Rudiantara menyampaikan bahwa perlu ada kerja sama dari pemerintah, Komisi Pengawas Persaingan Usaha serta penyedia jasa layanan seluler.

Ia mengaku jika semua operator seluler di Indonesia telah berjanji kepada pemerintah untuk membangun infrastruktur saat mereka meminta izin guna membuka jasa.

Atas dasar kesepakatan itu, pemerintah memberikan insentif engineering guna membuka persaingan sehat antarvendor.