Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 3 Agustus 2017 | 17:57 WIB
  • Facebook Bantah Bikin Algoritma Khusus Tangkal Hoax di RI

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Mitra Angelia
Facebook Bantah Bikin Algoritma Khusus Tangkal Hoax di RI
Photo :
  • www.pixabay.com/Simon
Ilustrasi Facebook

VIVA.co.id – Kementrian Komunikasi dan Informatika menyatakan Facebook bakal membuat algoritma khusus untuk menangkal hoax di Indonesia. Tapi, setelah itu Facebook membantah pernyataan Kominfo.

“Kami tidak memiliki rencana untuk membuat algoritme khusus bagi Indonesia untuk mengatasi hoax, maupun mengubah bagaimana kami melakukan review atas konten yang mungkin melanggar Standar Komunitas kami," ujar Juru Bicara Facebook, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Rabu 3 Agustus 2017.

Facebook menjelaskan, mereka telah memiliki berbagai perangkat dan taktik untuk membantu mencegah penyebaran informasi palsu dari berbagai aspek. Namun hal itu tidak termasuk algoritma khusus untuk Indonesia.

Hal yang dilakukan Facebook yakni mengambil tindakan untuk melawan akun palsu, mengaplikasikan machine learning untuk membantu menurunkan jumlah spam dan mengurangi postingan yang merujuk pada halaman web yang berkualitas rendah.

"Kami juga berupaya untuk memberikan edukasi kepada komunitas kami dalam hal bagaimana mengidentifikasi berita palsu dan memberikan informasi lebih banyak untuk banyak orang," kata Juru Bicara Facebook. 

Pada pertemuan antara Kominfo dan Facebook Selasa kemarin, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menyebutkan, problem hoax di Indonesia cukup pelik. Maka, menurut Semuel, perlu kerja sama antara pemerintah, warganet dan pemilik platform di internet. 

Menurut pria yang akrab disapa Sammy itu, Facebook bakal meningkatkan ketaatan terhadap ketentuan yang berlaku di Indonesia. Caranya, Facebook sudah berkomitmen kepada Pemerintah Indonesia untuk memerangi informasi palsu atau hoax di platform mereka. (ase)