Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 5 Agustus 2017 | 00:49 WIB
  • Kampus Terbaik Indonesia versi Webometrics dan 4icu

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
Kampus Terbaik Indonesia versi Webometrics dan 4icu
Photo :
  • Facebook.com/ui.ac.id
Kampus Universitas Indonesia/Ilustrasi.

VIVA.co.id – Setiap tahunnya, Webometrics dan 4icu selalu mengeluarkan daftar kampus terbaik yang ada di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kampus-kampus ini terpilih berdasarkan berbagai macam aspek.

Dalam setiap surveinya, kedua perusahaan survei ini menilai dari beberapa hal seperti kualitas lulusan, kerja sama institusi, fasilitas, serta kualitas dosen. Daftar yang mereka buat kerapkali digunakan oleh para orang tua murid untuk memilih kampus bagi kelanjutan studi anak-anak mereka.

Dikatakan melalui situsnya, Jumat, 4 Agustus 2017, baik Webometrics maupun 4icu, melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11 ribu perguruan tinggi di seluruh dunia. Kampus-kampus tersebut telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, peringkat pertama di 4icu, misalnya, masih ditempati oleh nama-nama kampus top seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), dan disusul Universitas Indonesia (UI).

Masuk posisi ketiga, keempat, dan kelima, yakni Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Dipenogoro (Undip) dan Universitas Sebelas Maret. Sedangkan Institut Teknologi Bandung (ITB) ada di posisi ketujuh.

Tak hanya kampus negeri saja yang masuk dalam urutan 20 besar kampus terbaik, kampus swasta seperti Universitas Gunadarma pun ikut masuk di posisi 16.

Untuk lebih rincinya, berikut daftar 25 besar kampus terbaik versi 4icu tersebut. Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, dan Universitas Sebelas Maret.

Selanjutnya, Universitas Brawijaya, ITB, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Islam Indonesia, serta Universitas Airlangga.

Kemudian, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Udayana, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Gunadarma, Universitas Lampung, Universitas Negeri Semarang, Universitas Widyatama, lalu Universitas Sumatera Utara.

Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Jember, Universitas Tadulako, Universitas Narotama, terakhir Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Adapun 10 besar kampus swasta versi Webometrics sebagai berikut.

Universitas Petra, Universitas Bina Nusantara, Universitas Islam Indonesia, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan Universitas Gunadarma.

Berikutnya Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Surabaya, Universitas Ahmad Dahlan serta Universitas Widyatama.