Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 7 Agustus 2017 | 11:35 WIB
  • Malam Ini, Gerhana Bulan Seperempat

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Malam Ini, Gerhana Bulan Seperempat
Photo :
  • ANTARA/Dedhez Anggara
gerhana bulan merah di indramayu

VIVA.co.id – Fenomana alam akan melewati wilayah Indonesia pada pekan ini. Pada Senin-Selasa, 7-8 Agustus pekan ini, area Indonesia dilewati oleh fenomena Gerhana Bulan Sebagian. 

Fenomana gerhana Bulan ini tergolong unik, sebab wajah satelit Bumi itu akan tertutup seperempatnya sehingga disebut Gerhana Bulan Seperempat. 

Relawan Bencana Ma'rufin Sudinyo menuliskan, momen awal gerhana sebagian 7-8 Agustus terjadi pada Senin, 7 Agustus 2017, jelang tenga malam. Menurut perhitungan Ma'rufin, awal gerhana terjadi pada Senin pukul 22.50.

Setelah itu sampai lima jam ke depan, kata Ma'rufin, akan terjadi fenomana wajah Bulan. 

"Sisi selatan Bulan akan 'robek' yang berangsur-angsur kian membesar saja hingga mencapai puncaknya sekitar pukul 01.20 WIB," tulis Ma'rufin, pada blog pribadinya, dikutip Senin, 7 Agustus 2017. 

Puncaknya, 'robekan' pada gerhana itu punya luasan setara dengan seperempat bundaran Bulan. Saat puncak gerhana, 24,6 persen wajah Bulan berada dalam umra atau bayangan inti yang berada di bagian tengah sangat gelap saat Gerhana Bulan. 

Dengan nyaris seperempat yang menghilang, Bulan yang sejatinya sedang berada dalam fase purnama menjadi temaram dan 'robek' seperempat bagiannya. 

Dia mengatakan, setelah mencapai puncak gerhana,'robekan' sedikit demi sekidit mengecil kembali lalu menghilang. 

Ma'rufin mengatakan, dalam Gerhana Bulan Seperempat ini, cakram Bulan tak sepenuhnya menghilang. Bagian yang menghilang dari Bulan sejatinya tak sepenuhnya gelap, seperti halnya pada gelap gerhana Bulan total. 

"Karena dalam kondisi yang tepat bagian tersebut akan nampak kemerah-merahan (merah darah)" katanya. 

Gerhana Bulan Seperempat ini terjadi dalam lima tahap. Sebagai tahap pembuka atau kontak awal penumbra terjadi pada 7 Agustus pukul 22.50 WIB, tahap kedua awal gerhana kasat mata atau kontak awal umbra terjadi pukul Selasa 8 Agustus 00.23 WIB. 

Selanjutnya tahap ketiga, berupa puncak gerhana terjadi pada Selasa, 8 Agustus pukul 01.20 WIB. Tahap keempat berupa kontak akhir umbra atau akhir gerhana kasat mata terjadi pukul 02.18 WIB. Selanjutnya tahap akhir gerhana atau kontak akhir penumbra terjadi pada pukul 03.51 WIB. 

Fenomena Gerhana Bulan Seperempat ini,bsia dinikmati secara utuh di seluruh wilayah Indonesia,  kecuali Jayapura.

"Di Jayapura, Matahari telah terbit dalam waktu 3 menit sebelum gerhana berakhir (tepatnya sebelum tahap akhir gerhana)," ujar Ma'rufin. (ase)