Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 14 Agustus 2017 | 10:12 WIB
  • Peta Kecepatan Internet, Indonesia Peringkat 75

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Peta Kecepatan Internet, Indonesia Peringkat 75
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi internet.

VIVA.co.id – Perusahaan penasehat media asal Inggris, Cable merilis peta kecepatan internet negara dunia. Data kecepatan internet tersebut dikumpulkan dari berbagai pengukuran lebih dari 63 ribu uji kecepatan akses pita lebar atau broadband di seluruh dunia. Dari Hasil tersebut, nomor wahid diduduki oleh Singapura, sedangkan Indonesia menempati peringkat ke-75.

Dikutip dari Cable, Senin 14 Agustus 2017, data kecepatan internet dikumpulkan selama 12 bulan terakhir sampai dengan 10 Mei 2017. Data kecepatan internet itu berasal dari M-lab bekerja sama dengan Open Technology Institute New America, Google Open Source Research, PlanetLab Universitas Princeton, dan pendukung lainnya. 

Sampel kecepatan internet sebuah negara diambil dengan ambang batas kecepatan internet rata-rata 10 Mbps. Ambang batas tersebut merupakan kecepatan yang disyaratkan oleh pengawas telekomunikasi, Ofcom. Kecepatan 10 Mbps merupakan kecepatan minimum yang dibutuhkan untuk kebutuhan rumahan dan UKM.  Dari pengukuran 189 negara di dunia, 139 negara di dunia tidak masuk dalam ambang batas tersebut.

Peringkat kecepatan internet masing-masing negara didasarkan berapa waktu yang diperlukan untuk mengunduh film HD dengan kapasitas 7,5 GB. 

Dalam daftar uji kecepatan itu, Singapura paling cepat di dunia. Untuk mengunduh film HD tersebut, Singapura hanya butuh waktu 18 menit 34 detik. Negeri tetangga Indonesia itu punya kecepatan unduhan rata-rata internet mencapai 55,13 Mbps. 

Kecepatan internet Singapura dalam pengukuran ini mengalahkan Korea Selatan. Negeri Ginseng itu biasanya unggul dalam soal akses internet. Tapi dalam pengukuran ini, Korea Selatan butuh waktu 44 menit,43 detik dengan kecepatan internet rata-rata 22,9 Mbps.

Sementara Indonesia berada di posisi ke-75 dengan waktu mengunduh film HD 7,5 GB dengan 3 jam 17 menit 29 detik. Rata-rata kecepatan internet Indonesia mencapai 5,19 Mbps. 

Sedangkan negara yang menempati posisi buncit dalam peta kecepatan internet ini adalah Yaman, dengan waktu untuk mengunduh film HD tersebut mencapai 2 hari 2 jam 2 menit 28 detik. Kecepatan rata-rata internet Yaman yakni 0,34 Mbps. 

Dalam peta kecepatan internet dunia itu, 20 dari 30 negara teratas berlokasi di Eropa, sisanya 7 negara Asia, 2 negara Amerika Utara dan 1 negara Oseania.

Sementara 17 dari 30 negara dengan kecepatan internet terbuncit berlokasi di Afrika, 7 negara di Asia, 6 negara di Amerika Selatan dan satu negara di Oseania.