Kompetisi Siswa Ini Ingin Lahirkan Habibie-Habibie Baru

Axioo dalam Bekraf Habibie Festival 2017
Sumber :
  • Axioo

VIVA.co.id – Untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) agar bisa berkembang dalam hal keterampilan maupun pengetahuan dalam bidang teknologi, merek gawai Indonesia, Axioo menggelar Axioo Skill Contest. Pada kompetisi ini juga digelar berbagai lomba unjuk keterampilan lainnya selama ajang Habibie Festival yang berlangsung di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, pekan lalu. 

Laptop Ini Bisa Bikin Nyaman Mata Pengguna

Puncak acara ditandai dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang yang diserahkan oleh Chief Executive Officer Axioo, Samuel Lawrence dan Ilham Habibie, putra B.J Habibie sekaligus ketua pelaksana Habibie Festival 2017.

“Kami berharap, melalui kompetisi ini, akan lebih banyak masyarakat umum memahami bagaimana sebuah teknologi diciptakan, sehingga akan lebih banyak lagi Habibie-Habibie muda tercipta dan Axioo sangat bersyukur dapat ikut berpartisipasi pada event Habibie Festival,” ujar Samuel dalam keterangannya, Senin 14 Agustus 2017.

Axioo Pongo 725, Laptop untuk Gamer eSports dan Content Creator

Axioo telah menjalin kerja sama dengan Berkarya! Indonesia, penyelenggara Habibie Festival di beberapa event. Karena kesamaan visi dan misi dalam mencerdaskan bangsa, Berkarya! Indonesia mengundang Axioo untuk ikut terlibat di ajang Habibie Festival 2017. Lebih khusus lagi bagaimana cara agar bisa menyiapkan tenaga kerja muda terampil dan siap pakai lewat pemanfaatan teknologi tepat guna sejak dini. 

Sekitar 1.750 siswa dari sekitar 200 SMK di seluruh Indonesia ikut terlibat dalam Axioo Skill Contest. Seluruh peserta merupakan siswa binaan Axioo yang terdaftar pada program Axioo Class Program, program pelatihan peningkatan kualitas SDM untuk para murid dan guru SMK di seluruh Indonesia. Para siswa melalui proses seleksi dari tingkat sekolah hingga jenjang nasional. 

Cek Kehebatan Axioo Pongo Studio

Tercatat, 90 persen peserta didominasi oleh siswa pria dengan peserta termuda berasal dari SMKN 1 Batam bernama Fahmi Dzulqarnain berusia 15 tahun. 

Selama lomba, para peserta Axioo Skill Contest diminta menunjukkan kemampuan mereka dalam beberapa hal seperti membuat notebook, teknik memperbaiki hardware, pemasangan dan perbaikan jaringan komputer, membuat aplikasi mobile, desain grafis hingga website

Total hadiah yang disediakan Axioo senilai lebih dari Rp300 juta antara lain smartphone dan notebook Axioo hingga paket tur mengunjungi pabrik mitra Axioo dalam hal pelatihan teknik structure cabling yang berada di Vietnam. 

Keluar sebagai juara umum Axioo Skill Contest 2017 adalah SMK Negeri 4 Kota Serang.

Industri IT saat ini mengalami masalah yang cukup pelik, terutama dalam hal ketersediaan SDM. Mencari tenaga kerja siap pakai menjadi salah satu masalah yang paling susah dipecahkan terutama akibat teknologi yang terus berkembang secara pesat, namun tidak diimbangi dengan peningkatan materi ajar di dunia pendidikan di Indonesia. 

“Apa yang diajarkan di sekolah dengan apa yang digunakan di dunia industri jauh berbeda. Kami ingin menghilangkan gap tersebut. Sampai saat ini Axioo telah membina lebih dari 10.000 siswa tersebar di lebih dari 200 SMK seluruh Indonesia,” ujar Director Axioo Class Program, Timmy Theopelus.
 
Selain Axioo Skill Contest, Axioo juga menggelar rangkaian kegiatan lainnya selama Habibie Festival 2017 antara lain pameran iptek dan inovasi yang menyajikan keunggulan-keunggulan produk teknologi tinggi nasional. Kemudian berbagai workshop teknologi hardware dan digital seperti simulasi produksi laptop degan fasilitas standar industri menghadirkan profesional IT yang mumpuni. Juga, lomba-lomba seru seperti Amazing Race, Lomba Cipta Game, dan Lomba Coding.

Berikut nama para pemenang lomba untuk masing-masing kategori:

1.Hardware Assembly Contest

Juara 1, SMK Negeri 1 Bogor

Hadiah:
1)  Piala 
2)  Notebook Axioo RNT
3)  Piagam

2.Hardware Troubleshooting Contest
Juara 1, SMK Negeri 1 Purwodadi

Hadiah:
1)  Piala
2)  Windroid 8G
3)  Piagam

3. Networking Contest
Juara 1, SMK Pertiwi Kuningan

Hadiah:
1)  Piala
2)  Notebook Axioo TKM
3)  Piagam
4)  Exam Voucher Microsoft Technology Associate (Networking Fundamentals)

4. Graphic Design Contest
Juara 1, SMK Negeri 1 Batam

Hadiah:
1)  Piala
2)  Windroid 8G
3)  Piagam
4)  Exam voucher Adobe Certified Associate ( Photosop CS 6)

5. Web Design Contest
Juara 1, SMK Negeri 4 Kota Serang

Hadiah:
1)  Piala
2)  Windroid 8G
3)  Piagam
4)  Exam voucher Microsoft Technology Associate (HTML 5)

6. Mobile Application Contest
Juara 1, SMK Sunan Drajat Lamongan

Hadiah:

1)  Piala
2)  Windroid 8G
3)  Piagam
4)  Exam voucher Android & iOs Developer with React Native Framework

7. Juara umum Axioo Skill Contest SMK Negeri 4 Kota Serang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya