VIDEO: Detik-detik Pesawat N219 Terbang Perdana

Pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia dan Lapan
Sumber :
  • Twitter/@LAPAN_RI

VIVA.co.id – Pesawat buatan anak bangsa di PT Dirgantara Indonesia, N219 sukses menjalani uji terbang perdana di  landasan pacu di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat. Pesawat N219 terbang pada pukul 09.13 WIB. 

Sejumlah Kader NU Beli Lima Pesawat N-219

Momen bersejarah tersebut diabadikan dalam video dan disambut dengan rasa syukur. Dalam video detik-detik awal usai pesawat N219 lepas landas, sebagian hadirin yang menyaksikan terbang perdana itu mengucap syukur. Ada yang mengucap 'bismillah','subhanallah', 'lahaula wala lahaula walakuata illabillah'.  

Pada hari ini, uji terbang dilakukan setelah N219 mendapatkan title Certificate of Airworthiness dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kementerian Perhubungan.

Aceh Beli Pesawat N-219 untuk Jangkau Daerah Kepulauan

Dalam terbang itu, pesawat sudah melewati persiapan dengan pengujian, di antaranya wing static test, landing gear drop test, functional test engine off, dan medium speed taxi pada 9 Agustus 2017.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Thomas Djamaluddin; Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Agus Santoso; dan Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia, Budi Santoso, turut menyaksikan pesawat jenis twin otter adik pesawat Gatotkaca N250.

Dikunjungi Presiden Mikronesia, Jokowi Tawarkan Pesawat PT DI
Pesawat N219 saat mendarat (landing).

Spesifikasi Pesawat N-219 yang Mau Diborong Kader NU

Penandatanganan pembelian lima pesawat N-219 dihadiri enam kader PKPNU dan pihak PT DI selaku produsen pesawat, bertepatan dengan Hari Pahlawan

img_title
VIVA.co.id
12 November 2021