Foto dari Stasiun Antariksa Saat Gerhana Matahari

Stasiun Antariksa Internasional lewat di depan Matahari.
Sumber :
  • NASA/Joel Kowsky/Flickr

VIVA.co.id – Momentum Gerhana Matahari Total yang melewati sebagian wilayah Amerika Serikat pada 21 Agustus 2017 menjadi perhatian publik maupun peneliti dunia. 

LIVE Breaking News: Gerhana Matahari Cincin 

Dalam momen totalitas tersebut, editor foto Badan Antariksa Amerika Serikat, Joel Kowsky, mengabadikan Stasiun Antariksa Internasional atau ISS saat transit di depan 'wajah' Matahari. Momen ISS tersebut diabadikan Kowsky saat dia berada di Banner, Wyoming, Amerika Serikat. 

Dikutip dari Business Insider, Selasa 22 Agustus 2017, penampakan ISS lewat di depan Matahari terjadi saat Gerhana Matahari Sebagian. 

Gerhana Matahari Cincin Api akan Lintasi Bumi, Dimana Bisa Disaksikan?

Kowsky merekam momen tersebut menggunakan kamera kecepatan tinggi yang merekam 1500 frame per detik. ISS bisa terlihat lewat depan Matahari lantaran, stasiun yang bersisi enam awak itu berukuran sebesar lapangan sepak bola. Stasiun antariksa itu mengorbit Bumi dari 250 mil atau 400 kilometer dari daratan Bumi dan melaju dengan kecepatan 17.500 mil atau 28 ribu kilometer per jam. 

Fenomena totalitas itu merupakan yang pertama kalinya melewati area Amerika Serikat setelah 99 tahun lalu. Fenomena kegelapan total pada 2017 melewati beberapa negara bagian di AS, seperti Kentucky, Missouri, dan Illinois.

Penduduk Bumi Siap-siap Lihat Penampakan di Langit

2017 Total Solar Eclipse

(ren)

Ilustrasi sujud/sholat gerhana

Tata Cara Sholat Gerhana Bulan, Lengkap dengan Hukum dan Niatnya

Tata cara sholat gerhana wajib diketahui oleh semua umat Islam. Gerhana adalah fenomena astronomi yang terjadi jika benda angkasa bergerak menuju bayangan benda lain

img_title
VIVA.co.id
19 November 2021