Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 22 Agustus 2017 | 12:13 WIB
  • Foto dari Stasiun Antariksa Saat Gerhana Matahari

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Foto dari Stasiun Antariksa Saat Gerhana Matahari
Photo :
  • NASA/Joel Kowsky/Flickr
Stasiun Antariksa Internasional lewat di depan Matahari

VIVA.co.id – Momentum Gerhana Matahari Total yang melewati sebagian wilayah Amerika Serikat pada 21 Agustus 2017 menjadi perhatian publik maupun peneliti dunia. 

Dalam momen totalitas tersebut, editor foto Badan Antariksa Amerika Serikat, Joel Kowsky, mengabadikan Stasiun Antariksa Internasional atau ISS saat transit di depan 'wajah' Matahari. Momen ISS tersebut diabadikan Kowsky saat dia berada di Banner, Wyoming, Amerika Serikat. 

Dikutip dari Business Insider, Selasa 22 Agustus 2017, penampakan ISS lewat di depan Matahari terjadi saat Gerhana Matahari Sebagian. 

Kowsky merekam momen tersebut menggunakan kamera kecepatan tinggi yang merekam 1500 frame per detik. ISS bisa terlihat lewat depan Matahari lantaran, stasiun yang bersisi enam awak itu berukuran sebesar lapangan sepak bola. Stasiun antariksa itu mengorbit Bumi dari 250 mil atau 400 kilometer dari daratan Bumi dan melaju dengan kecepatan 17.500 mil atau 28 ribu kilometer per jam. 

Fenomena totalitas itu merupakan yang pertama kalinya melewati area Amerika Serikat setelah 99 tahun lalu. Fenomena kegelapan total pada 2017 melewati beberapa negara bagian di AS, seperti Kentucky, Missouri, dan Illinois.

2017 Total Solar Eclipse

(ren)