Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 24 Agustus 2017 | 19:11 WIB
  • SAP Pamer Kecanggihan Teknologi Bandara Sampai Rekap Biaya

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia,
    • Mitra Angelia
SAP Pamer Kecanggihan Teknologi Bandara Sampai Rekap Biaya
Photo :
  • Viva.co.id/Avra Augesty
SAP Cloud

VIVA.co.id – Perusahaan perangkat lunak aplikasi enterprise, SAP menggelar Asian Innovators Summit di Indonesia. Asian Innovators Summit ini dilaksanakan sebagai perayaan ulang tahun SAP yang ke-20, dan diselenggarakan di enam kota Asia Tenggara.

"Indonesia negara terakhir yang kita gelar (Asian Innovators Summit)," ujar Vice President, SAP Success Factors South East Asia, Megawaty Khie saat menyambut awak media pada acara Asian Innovators Summit, di Hotel Westin, Jakarta, Kamis 24 Agustus 2017.

Megawaty mengatakan, dalam helatan Asian Innovators Summit, SAP memperkenalkan solusi teknologi berbasis cloud. Awak media berkesempatan mengunjungi beberapa zona pameran teknologi yang dihadirkan SAP.

Di antaranya seperti teknologi Digital Airport untuk mengontrol segala macam perintilan pesawat terbang. Seperti berapa sisa bensin, apa yang harus dicek dari pesawat, dari segi mesin, dan lainnya, sebelum kembali landas.

Teknologi Digital Airport ini cukup dengan membidik pesawat terbang dengan tablet atau smartphone maka pada foto akan muncul informasi lengkap tentang pesawat. Digital Airport ini dilengkapi sensor canggih untuk membidik objeknya, sehingga tampilan data langsung muncul.

Kemudian ada juga Expense, sebuah aplikasi pintar yang diciptakan SAP untuk mempermudah merekap pengeluaran dalam bentuk struk. Misal, struk belanja di sebuah kafe, cukup dengan bidikan kamera pada struk, dalam hitungan detik muncul salinan data angka dan tulisan dari struk yang dibidik tadi.

Lalu, Augmented Reality Next Generation Service Technician. Solusi SAP yang satu ini berfungsi untuk mengontrol barang-barang perusahaan retail dan juga mengecek kondisi gudang. Cukup dengan memasang alat AR Next, dan gerakkan ke beberapa sisi gudang, data langsung tampil di layar komputer.

Cloud memang menjadi teknologi utama dari semua yang dipamerkan. Menurut Megawaty, meski awalnya ragu, kini sudah banyak peminat Cloud di Indonesia, termasuk instansi pemerintahan. Bahkan Indonesia diklaimnya sebagai salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan cloud yang tinggi. Cloud diyakini Megawaty memiliki tingkat keamanan yang tinggi dikarenakan banyaknya yang harus dijaga. Bahkan jumlahnya sampai ribuan.

Diketahui, solusi-solusi baru dari SAP lainnya juga akan dipamerkan di sini, yaitu SAP Leonardo IoT Bridge, SAP Global Track and Trace, SAP Leonardo IoT Edge, sampai SAP Digital Manufacturing Insights dan SAP Asser Manager. (ren)