Desain Baju Astronaut SpaceX Tampil Beda, Banjir Pujian

Bocoran baju astronaut SpaceX
Sumber :
  • Instagram/@elonmusk

VIVA.co.id – Perusahaan antariksa swasta, SpaceX, memang berambisi menjadi yang pertama dalam pengiriman awak ke antariksa dan Planet Mars. Salah satu yang disiapkan SpaceX untuk ambisi itu adalah pakaian astronaut. 

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Chief Executive Officer SpaceX, Elon Musk, membocorkan desain baju astronaut SpaceX. Tak seperti baju astronaut pada umumnya yang tebal dan pelindung kepala dengan kaca besar, baju astronaut SpaceX terlihat lebih ramping dan ringkas. 

Musk mengunggah bocoran baju astronaut SpaceX dalam akun Instagramnya. Pengusaha teknologi itu menuturkan, baju astronaut SpaceX sudah diuji dalam tekanan vakum ganda. 

5 Negara Ini Siap Menjajah Bulan

Baju astronaut memang didesain untuk menghadapi tantangan lingkungan yang berbeda di luar Bumi. Baju awak di antariksa harus bisa mempertahankan tekanan seperti di Bumi pada tubuh astronaut. Selain itu, baju astronaut juga harus bisa mengatasi minimnya tekanan atmosfer dalam ruang vakum. 

Musk menuturkan, rancangan baju astronaut yang ditampilkan itu memang bukan diperuntukkan untuk misi di luar wahana antariksa. 

Jadwal Penerbangan ke Luar Angkasa di 2024

"Sangat sulit menciptakan baju astronaut yang seimbang antara fungsi dan estetikanya," ujar Musk dalam unggahannya pada 23 Agustus 2017.

Tampilan baju astronaut SpaceX itu mendapat segudang pujian dari warganet. Ada yang menilai tampilan baju itu terlihat lebih tipis dan ramping, sempurna, luar biasa dan lainnya. Ada juga warganet yang menilai baju SpaceX itu lebih canggih dibanding baju astronaut NASA yang tebal dan berat. 

  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya