Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 25 Agustus 2017 | 13:55 WIB
  • Mobil Balap Sapu Angin Buatan ITS Mau Berlaga di Jepang

  • Oleh
    • Mohammad Arief Hidayat,
    • Nur Faishal (Surabaya)
Mobil Balap Sapu Angin Buatan ITS Mau Berlaga di Jepang
Photo :
  • Dokumentasi ITS
Prototipe mobil balap Sapu Angin Speed 5 saat diluncurkan di kampus ITS Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat, 25 Agustus 2017.

VIVA.co.id - Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya berhasil mengembangkan mobil balap Sapu Angin Speed 5. Mobil terbaru dari generasi sebelumnya itu akan diikutkan dalam Student Formula Japan (SFJ) di Jepang pada 5-9 September 2017.

Sapu Angin 5 diluncurkan oleh Rektor ITS, Joni Hermana, di kampus ITS Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat, 25 Agustus 2017.

"Perubahan generasi Sapu Angin 5 daripada generasi sebelumnya diharapkan bisa mendapatkan hasil yang signifikan pada kompetisi prototipe mobil balap sirkuit di Jepang nanti," ujarnya kepada wartawan.

Mobil Balap Sapu Angin Buatan ITS Mau Berlaga di Jepang

SFJ adalah kegiatan tahunan yang diadakan Japan Society of Automotive Engineering. Kompetisi itu sangat ditunggu-tunggu mahasiswa pecinta otomotif.

Dia berharap, Sapu Angin 5 bisa bertengger di sepuluh besar di ajang SFJ nanti. "Semoga melalui ini Indonesia dapat diingat terus oleh negara luar, khususnya melalui Sapu Angin ITS," ujar Joni.

General Manager Sapu Angin, Annas Fauzi, menjelaskan bahwa Sapu Angin 5 lebih bagus dibandingkan generasi sebelumnya. Desain purwarupa mobil dibikin mirip dengan mobil formula sebenarnya. Begitu juga dengan tenaga mesinnya, lebih cepat daripada Sapu Angin sebelumnya.

"Keunggulan ada pada sisi power (tenaga) dan manuvernya. Kelebihan engine prototipe mobil balap ini lebih powerfull (bertenaga). Bila dilihat akselerasinya, mobil ini dapat menempuh 75 meter hanya dalam 5-6 detik," kata Annas. (ase)