Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 26 Agustus 2017 | 19:40 WIB
  • Gangguan Satelit, Telkom Minta Maaf

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Gangguan Satelit, Telkom Minta Maaf
Photo :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia
Suasana luar Stasiun Pengendali Utama Satelit PT Telkom, Kelapa Nunggal, Bogor.

VIVA.co.id – PT Telkom Tbk menyampaikan permintaan maaf kepada pengguna atas terganggunya layanan pada jaringannya sejak Jumat sore, 25 Agustus 2017. Gangguan layanan tersebut terkait dengan anomali yang terjadi pada Satelit Telkom 1. Anomali tersebut mengakibatkan pergeseran pointing antena Satelit Telkom 1. 

"Dampaknya semua layanan transponder Satelit Telkom 1 terganggu," tulis Telkom dalam keterangan resminya, Sabtu 26 Agustus 2017. 

Atas anomali tersebut, Telkom bersama dengan mitra Lockheed Martin berupaya memulihkan Satelit Telkom 1. Awalnya gangguan itu diprediksi bisa diatasi dengan cepat, namun karena masih terdapat hal yang diselesaikan, hingga Sabtu pukul 16.00, upaya pemulihan masih berlangsung. 

"Sebagai langkah antisipasi dan untuk kontinuitas kualitas layanan kepada pelanggan, Telkom saat ini memulihkan layanan transponder dengan mengalihkan sejumlah pelanggan ke transponder satelit Telkom 3S dan satelit lainnya," ujar Telkom. 

BUMN telekomunikasi itu menuturkan proses migrasi pelanggan Telkom 1 dimulai pada Sabtu ini hingga seluruh pelanggan termigrasi. Telkom berharap, solusi migrasi ke satelit lain dapat membuat layanan kepada pelanggan dapat kembali berjalan dengan normal.

"Atas kejadian ini Telkom menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat khususnya para pelanggan yang terganggu," kata Telkom.