Begini Wujud Fosil 'Naga Laut' Terbesar Sepanjang Sejarah

Fosil naga laut Ichthyosaurus somersetensis
  • www.bbc.com/Dean Lomax

VIVA.co.id – Para ilmuwan dari University of Manchester, Inggris, menemukan janin 'naga laut', atau Ichthyosaurus dalam perut fosil Ichthyosaurus somersetensis. Embrio yang ditemukan tersebut, berukuran kurang dari tujuh sentimeter. Fosil naga laut ini merupakan yang terbesar dalam catatan sejarah.

Ngeri, Kejanggalan Bermunculan Setelah Otak Atik Fosil Mengerikan Ini

"Janin terdiri dari tulang belakang yang diawetkan, tulang jari, tulang rusuk, dan beberapa tulang lainnya," ujar Dean Lomax, salah satu peneliti mengatakan, seperti dilansir Mirror, Rabu 30 Agustus 2017.

Lomax menjelaskan, Ichthyosaurus somersetensis adalah 'naga laut' yang hidup selama masa dinosaurus awal pada periode Jurasik awal. Fosil Ichthyosaurus ditemukan di pantai Somerset, Inggris pada 1990-an. Kini, fosil disimpan di koleksi Lower Saxony State Museum di Hanover, Jerman.

Penemuan Fosil Purbakala Utuh Gegerkan Kudus Jawa Tengah

Ketika ditemukan, Ichthyosaurus diperkirakan berusia 200 juta tahun, artinya janin yang tumbuh kurang lebih berusia sama dengan induknya. Setelah Ichthyosaurus ditemukan sejak lama, barulah embrio teridentifikasi keberadaannya.

Lomax mengatakan, saat Ichthyosaurus ditemukan, ukurannya mencapai 3,5 meter. Spesimen tulang pun hampir semuanya lengkap.

Geger Fosil Tanda Akhir Zaman Ditemukan

Ahli Palaeontologi dari Museum Sejarah Alam Bielefeld di Jerman, Sven Sachs, yang juga ikut ambil bagian dalam penelitian tersebut mengatakan, ketika mengidentifikasi fosil perlu mempertajam penglihatan, sebab terkadang ditemukan spesimen yang tidak persis dengan bagian tubuh asli hewan itu sendiri.

"Spesimen berbeda jangan disatukan," ujar Sachs.

Menurut Sachs, banyak contoh Ichthyosaurus berasal dari koleksi sejarah dan kebanyakan tidak memiliki catatan geografis, atau geologi yang bagus. Berbeda dengan spesimen yang ditemukan Pantai Somerset ini, spesimen tersebut memiliki semuanya.

"Spesimen itu adalah yang terbesar dari keluarga Ichthyosaurus dari keluarga Ichthyosauria yang tercatat," ujar dia.

Temuan janin naga laut tersebut telah dipublikasikan di Acta Palaeontologica Polonica. (asp)