Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 4 September 2017 | 22:03 WIB
  • Ini Syarat XL untuk Terima Pinangan Operator Lain

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Ini Syarat XL untuk Terima Pinangan Operator Lain
Photo :
  • spinifexit.com
Ilustrasi merger XL Axiata dan Axis

VIVA.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mendukung proses konsolidasi yang dilakukan oleh operator telekomunikasi di Indonesia, jika memang mereka berkehendak. Salah satu operator terbesar di Indonesia, mengaku terbuka jika memang ada kesempatan konsolidasi, tentunya dengan syarat.

Direktur Utama XL Axiata, Dian Siswarini menuturkan, pemegang saham XL sejatinya sangat terbuka untuk kemungkinan konsolidasi. Hanya saja, harus ada kejelasan terkait dengan spektrum atau frekuensi.

"Konsolidasi boleh tapi kejelasan soal spektrum, boleh di-keep atau enggak. Itu (aturan) sekarang belum terdefinisi secara baik. Kalau memang tidak bisa di-keep, maka valuasi perusahaan juga berubah," ujar Dian, ditemui di Jakarta, Senin 4 September 2017.

Menurut Dian, konsolidasi sudah menjadi sebuah hal yang harus dilakukan dalam industri yang sudah cukup ramai ini. Saat ini ada hampir 10 operator telekomunikasi di Indonesia. Idealnya, menurut Dian, harusnya hanya ada tiga sampai empat operator saja.

"Kita kan tahu, ada sekitar 3 sampai 4 miliar dolar yang dikeluarkan industri telekomunikasi tapi banyak yang overlap. Kebanyakan kita membangun sesuatu yang sama di tempat yang sama. Efektivitasnya tidak ada. Harusnya bisa lebih tinggi," ujar Dian.

Untuk Pelanggan

Hingga akhir Juni 2017 lalu, pelanggan XL Axiata mencapai 50,5 juta pelanggan, sebanyak 582.000 di antaranya adalah pelanggan layanan pascabayar. Bersamaan dengan Hari Pelanggan, XL Axiata juga memberikan apresiasi berupa hadiah utama untuk para pelanggan setia yang memenangi Program Xtravaganza & FantAXIS periode 7 Mei – 4 Agustus 2017. 
 
Jumlah pelanggan yang mengikuti program Xtravaganza dan FantAXIS periode ini tidak kurang dari 12,7 juta peserta. Hadiah bagi para pemenang dilakukan dengan pengundian setiap pekan di hadapan petugas dari Kementrian Sosial, Dinas Sosial, dan Kepolisian. Pengundian dilakukan dengan sistem komputer yang terhubung dengan database pemenang. XL Axiata telah melakukan pengundian sebanyak 13 kali dengan total 90 orang pemenang, yang terdiri dari pemenang mingguan babak gratis dan 13 pemenang mingguan babak eksklusif. Selain itu juga telah didapatkan 4 pemenang Grand Prize dan pemenang M-Learning diakhir periode.
 
Hadiah bagi pemenang pada Xtravaganza & FantAXIS periode kedua ini berupa masing-masing 90 keping emas 5 gram untuk hadiah mingguan babak awal, 13 keping emas 20 gram untuk hadiah mingguan babak eksklusif. Hadiah Utama untuk babak awal berupa uang tunai Rp 60 juta dan emas 100gram. Hadiah Utama babak eksklusif uang tunai Rp 300 juta dan emas 500gram. Sementara itu untuk babak M-Learning akan mendapatkan emas 10gram, uang 10 juta, HP Samsung c9 dan motor Yamaha Mio M3, dengan ketentuan 1 kategori hadiah untuk 1 pemenang.

Untuk kategori Babak Premium, pelanggan dari Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, berhasil meraih hadiah berupa 500 gram emas. Pelanggan dari Tangerang Selatan, Banten, meraih hadiah uang tunai Rp 300 juta. Sementara itu untuk Babak Gratis, pelanggan dari Brebes, Jawa Tengah, memenangi  100 gram emas, dan pelanggan dari Cilandak, Jakarta Selatan, memenangi uang tunai Rp 60 juta. Hadiah diserahkan oleh Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini dan anggota Direksi XL Axiata lainnya di Jakarta, 4 September 2017.
 
Saat ini, kuiz Xtravaganza & FantAXIS Sesi ke-3 sedang berlangsung mulai 5 Agustus 2017 lalu dan akan berakhir pada 2 November 2017.