Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 6 September 2017 | 16:54 WIB
  • Gerhana Matahari Total Lelehkan Lensa Kamera

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Gerhana Matahari Total Lelehkan Lensa Kamera
Photo :
  • www.mashable.com/Lens Rentals
Kamera rusak karena Gerhana Matahari Total

VIVA.co.id – Gerhana Matahari Total yang melewati wilayah Amerika Serikat pada akhir Agustus lalu, ternyata berdampak pada kamera dan lensa. Sebuah perusahaan penyewaan kamera daring di Amerika Serikat, LensRentals menemukan beberapa lensa dan kamera mereka rusak setelah dipakai untuk mengamati fenomena totalitas tersebut. 

Dikutip dari Mashable, Rabu 6 September 2017, perusahaan tersebut sejatinya sudah mengingatkan penyewa perangkat agar hati-hati saat mengabadikan Gerhana Matahari Total. LensRentals sudah memberi pesan kepada penyewa agar menyematkan filter surya pada lensa, tujuannya agar melindungi lensa dan sensor kamera selama kegelapan total. Perusahaan itu juga mengingatkan agar penyewa tidak langsung mengarahkan kamera ke Matahari. 

Namun imbauan tersebut ternyata tak diindahkan penyewa. Hasilnya beberapa lensa dan kamera mengalami kerusakan. 

"Masalah yang paling umum kami temui (dari momen gerhana total kemarin) adalah sensor menjadi rusak karena panas Matahari. Kami mengingatkan semua orang untuk membeli filter solar untuk melindungi lensa. Kami juga mengirimkan email massal untuk mengingatkan hal ini," ujar perwakilan dari LensRentals, Zach Sutton dalam keterangannya. 

Atas kejadian ini, Sutton berharap semua bisa mengambil hikmah untuk benar-benar teliti saat mengamati gerhana berikutnya, yang akan melewati wilayah Amerika Serikat lagi pada 2024.  

Kamera rusak karena Gerhana Matahari Total

Lensa Nikon D500 meleleh

Kamera rusak karena Gerhana Matahari Total

Lensa Canon EF 600mm f/4L IS II USM rusak