Mahasiswa Lampung Kembangkan Aplikasi Desain Struktur Baja

Mahasiswa UBL ciptakan aplikasi berbasis android.
Sumber :
  • Dok. Universitas Bandarlampung

VIVA.co.id – Kolaborasi antara mahasiswa program studi Teknik Informatika dan Teknik Sipil Universitas Bandar Lampung menciptakan program Desain Perencanaan Struktur (DPS) dengan menggabungkan antara disiplin ilmu komputer dan teknik sipil.

Pertama Dalam Sejarah LLDIKTI Wilayah II, 4 Guru Besar UBL Dikukuhkan Sekaligus

Program dengan aplikasi berbasis android yang digunakan untuk mendesain komponen struktur baja khususnya untuk disiplin ilmu teknik sipil.

Menurut mahasiswa Prodi Teknik Sipil, Irwan Janwar, program ini bertujuan untuk memudahkan perhitungan mendesain sebuah bangunan khususnya bangunan yang menggunakan baja.

5 Aplikasi Android Pemantau Hilal Lebaran

"Saat ini perhitungan masih dilakukan dengan manual atau program komputer yg kompleks, sehingga dengan adanya aplikasi ini perhitungan dapat dilakukan dengan cepat dan lebih mudah,” ungkap dia, dalam keterangannya, Jumat, 8 September 2017.

Irwan juga menjelaskan bahwa cara kerja aplikasi ini hanya dengan meng-input data perencanaan struktur baja.

Update Daftar Aplikasi yang Berbahaya di Android

Setelah itu, proses perencanaan akan secara otomatis berjalan tanpa memakan waktu lama dan munculah hasil komponen struktur baja yang diperlukan.

“Kami ingin memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk diterapkan di bidang teknik sipil,” papar dia.

Sementara itu, Ruri Damayanti dari Prodi Teknik Sipil, menambahkan, survey sudah dilakukan lewat sesama mahasiswa dan alumni di teknik sipil.

Tak hanya itu, pihak kampus sangat mendukung dengan adanya hasil penelitian tersebut, dan akan dikembangkan lagi sehingga masyarakat dapat mudah mendownloadnya lewat playstore.

“Mereka sudah mulai minta aplikasinya karena dirasa mampu membantu, baik saat di kelas maupun lapangan, khususnya dalam perhitungan struktur baja,” tutur Ruri.

Kelompok pencipta Program DEPS terdiri dari lima mahasiswa yakni Mahmudah dari prodi Teknik Informatika, Ruri Damayanti, M. David Marsal, Irwan Janwar dan Fina Febriana dari prodi Teknik Sipil.

Dengan dibantu langsung oleh Dosen pembimbing yaitu Ronny Hasudungan Purba, S.T., MSCE, Ph.D. dan Ahmad Cucus, S.Kom., M.Kom.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya