Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 12 September 2017 | 12:40 WIB
  • Gojek Peringkat 17 Perusahaan Pengubah Dunia

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Gojek Peringkat 17 Perusahaan Pengubah Dunia
Photo :
  • REUTERS/Beawiharta
ojek online - gojek - transportasi

VIVA.co.id – Majalah Fortune merilis daftar perusahaan yang mengubah dunia. Dalam daftar tersebut, Gojek masuk dalam peringkat ke-17 dari 56 daftar perusahaan yang mengubah dunia versi Fortune. Gojek menjadi satu-satunya perusahaan asal Asia Tenggara yang masuk dalam daftar tersebut. 

Gojek masuk dalam daftar bersama dengan perusahaan kelas dunia lainnya seperti Apple yang berada di peringkat ketiga dan unggul dari Unilever pada peringkat ke-21 dan Microsoft pada peringkat ke-25.     

Dalam keterangannya di website perusahaan, dikutip Selasa 12 September 2017, Gojek mensyukuri penghargaan tersebut dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan ratusan ribu mitra pengemudi Gojek, mitra talenta dan UMKM.

“Ini adalah hasil dari kolaborasi begitu banyak pihak yang terus mendukung Gojek. Kami juga ingin berterima kasih kepada pemerintah yang berperan sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia,” ujar Chief Executive Officer dan Founder Gojek, Nadiem Makarim.

Nadiem menuturkan, penghargaan tersebut memotivasi tim Gojek untuk terus berkomitmen berkontribusi positif terhadap visi pemerintah agar Indonesia dapat menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020, sesuai yang diutarakan oleh Presiden Joko Widodo.

Daftar ‘Change the World’ ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan dengan dampak sosial yang positif melalui strategi bisnis utamanya. Situs resmi Fortune menyebutkan, daftar diprioritaskan kepada perusahaan dengan pendapatan tahunan di atas US$1 miliar. 

“Kami fokus pada perusahaan yang sukses dengan niat baik menyelesaikan berbagai permasalahan sosial. Ada ribuan perusahaan yang masuk dalam penilaian kami, datang dari berbagai belahan dunia," ujar Features Editor Fortune, Matthew Heimer dalam video resmi Change the Word. 

Heimer menuturkan, ada beberapa nama dalam daftar yang terpilih ini sudah banyak dikenal. Tapi majalah tersebut juga menyoroti berbagai perusahaan yang kemungkinan belum pernah didengar konsumen sebelumnya, namun mampu membantu mengatasi masalah sosial dan tantangan lainnya.

Fortune menyebutkan, Gojek mampu mengejutkan perekonomian di mana bisnis-bisnis UMKM terbantu dengan pelonjakan pendapatan setelah menjadi mitra perusahaan. Mitra pengemudi yang jumlahnya lebih dari 300 ribu pun dapat menikmati berbagai manfaat kesehatan, asuransi, pelatihan keselamatan, hingga layanan keuangan mikro.

Terdapat tiga penilaian dalam memilih perusahaan dalam daftar tersebut. Penilaian paling utama adalah berdasarkan dampak sosial yang terukur. Penilaian lainnya adalah berdasarkan pada nilai bisnis perusahaan dan tingkat inovasi, sehingga mampu membuat perusahaan lain mengikuti dalam melakukan dampak sosial yang sama.

“Kategori penilaian tersebut sesuai dengan pilar utama Gojek yaitu Social Impact, Speed, dan Innovation. Kami berharap untuk dapat terus menginspirasi Karya-Karya Anak Bangsa Indonesia lain untuk memperhatikan berbagai tantangan sosial di Indonesia dan menghadirkan solusi yang berbasis pada inovasi dan teknologi,” ujar Nadiem.

Selain masuk dalam daftar 'Change the World' dari Fortune, belum lama ini Gojek juga mendapatkan penghargaan sebagai Top 10 Most Powerful Brand in Indonesia pada acara Brand Asia 2017. 

Dalam penghargaan yang diberikan oleh MarkPlus, Inc bekerja sama dengan Nikkei BP Consulting tersebut, Gojek juga dinobatkan sebagai Top 3 Brand Performer dan Top 3 Most Powerful Transportation/Logistic Brands. 

Sebelumnya, Gojek juga mendapatkan penghargaan dalam Bank Indonesia Awards sebagai Perusahaan Fintech Teraktif Pendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) Inklusi dan Edukasi Keuangan serta Pemberdayaan UMKM. (ase)