Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 14 September 2017 | 19:36 WIB
  • Kenali Platform Pelaporan Keuangan Lokal Aman dari Hacker

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Mitra Angelia
Kenali Platform Pelaporan Keuangan Lokal Aman dari Hacker
Photo :
  • www.pixabay.com/Pexels
Ilustrasi laporan keuangan

VIVA.co.id – Penyedia solusi Teknologi Informasi, Emerio, meluncurkan solusi Emerio Regla IFRS 9, atau dikenal sebagai PSAK 71. Solusi ini merupakan platform pelaporan keuangan dan akuntansi perbankan versi terbaru.

Standar pelaporan keuangan akuntansi perbankan dan lembaga jasa keuangan dunia akan menggunakan standar IFRS 9. Di Indonesia, IFRS 9 akan mulai diberlakukan pada 2020, negara lain sudah akan mulai memberlakukannya pada 2018 dan 2019.

"Regla IFRS 9 atau PSAK 71 murni dibuat oleh tim Emerio, artinya anak bangsa. Regla IFRS 9 juga bisa comply dengan regulasi," ujar Presiden Direktur Emerio Indonesia, Michael Tanong saat ditemui di Hotel Raffles, Jakarta, Kamis 14 September 2017.

Meski aturan standar akuntansi dan keuangan ini masih lama berlaku, kata Michael, Emerio cepat tanggap menyediakan solusi pelaporan bagi perbankan, agar para pengguna yang sudah siap bisa lebih dulu menggunakan. Sebab, standar adalah sesuatu yang wajib untuk diikuti.

Hingga platform besutan Emerio resmi diluncurkan. Michael menyebutkan sudah ada tiga calon rekanan mereka yang akan menggunakan, Emerio Regla IFRS 9, yaitu China Trust, Bank Panin, dan Bank Permata. Sepengetahuan Michael, negara yang sudah mulai mengimplementasikan standar IFRS 9 adalah Australia, Singapura dan Malaysia nanti menyusul pada 2018.

Michael menjelaskan, sebelumnya standar pelaporan keuangan yang Emerio sediakan adalah IAS 39 atau PSAK 55. Tapi standar tersebut 'ditinggalkan' karena perhitungan analisisnya kurang akurat dan lamban, serta analisis hanya dikaitkan berdasarkan riwayat.

"Sementara PSAK 71 bisa memprediksi industri ke depan seperti apa, menghasilkan angka yang akurat. Analisisnya ke depan," jelas Michael.

Dia mengatakan, IFRS 9 aman dari gangguan hacker. IFRS 9 merupakan standar pelaporan keuangan dan akuntansi perbankan terbaru yang akan diberlakukan di seluruh dunia. 

"Soal keamanan, kita bangun sistem ini menggunakan teknologi yang paling. Bukan database sembarangan, mengikuti standar IT," ujar Michael.

Selain itu, mengapa Michael sangat menjamin platform ini bakal aman dari peretas, sebab platform tersebut digunakan untuk tim internal keuangan dan akuntansi. Tidak seperti mobile banking atau internet banking yang digunakan oleh umum. (ase)