Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 18 September 2017 | 17:08 WIB
  • Pakai YouTube Go, Nonton Video Tak Bikin Kuota Habis

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Afra Augesti
Pakai YouTube Go, Nonton Video Tak Bikin Kuota Habis
Photo :
  • REUTERS/Dado Ruvic
Ilustrasi YouTube.

VIVA.co.id – YouTube Go kini bisa diunduh melalui play store secara gratis. Aplikasi ini benar-benar dirancang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang bermasalah dengan kuota internet.

Head of Consumer Marketing Google Indonesia, Fibriyani Elastria menilai, sebagian besar pengguna YouTube di Indonesia masih khawatir, jika saat menonton video di platform ini kuota mereka cepat habis.

Untuk itulah, YouTube Go menyediakan fitur Kontrol Data di dalamnya. "Itu fitur paling utamanya. Jadi, saat kita klik dan menonton video pilihan kita, maka muncul pilihan jumlah byte yang ingin dipakai," kata dia di Art Museum Jakarta, Senin 18 September 2017.

Fibri mencontohkan, ketika mengklik sebuah video, nanti muncul pilihan mau nonton dengan 1,5 atau 12,5 MegaByte dengan kualitas standar.

Kemudian, ada pilihan 'putar' atau 'download'. "So, the control is yours. Kalau dulu kita nggak tau video ini akan menghabiskan berapa MB. Sekarang kita bisa tahu," paparnya.

YouTube Go juga bisa digunakan dalam offline mode first. Artinya, pengguna bisa mengunduh dan menyimpan video terlebih dahulu sebelum diputar secara online.

Selain itu, pada aplikasi ini juga tersedia fitur preview yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui konten apa saja yang disajikan dari video pilihannya, sebelum menonton.

Dengan adanya fitur pelengkap ini, Fibri berharap, pengguna bisa lebih efektif dalam menggunakan kuota.

"Terkadang kita lihat isi dan judul video nggak nyambung. Padahal, selama itu pula sudah menghabiskan banyak kuota. Dengan 'preview' kita bisa intip apa saja yang akan ditampilkan dari video itu," terangnya.

Setelah sempat diperkenalkan dalam ajang Google for Indonesia 2017 pada Agustus kemarin, kini layanan video milik Google itu resmi meluncurkan YouTube Go di Indonesia. (asp)