Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 22 September 2017 | 21:48 WIB
  • Tantangan Masa Depan, Indosat Bertransformasi Digital

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Tantangan Masa Depan, Indosat Bertransformasi Digital
Photo :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
Seminar media #DigitalTransformation bertema 'Be Ready to Ride the Wave'

VIVA.co.id – Perkembangan digital saat ini sudah dirasa menjadi hal yang tak terelakkan. Pesatnya era digital kini menjadi kebutuhan bagi individu, pelaku bisnis sampai industri media.

Digital saat ini dinilai sudah menjadi kebutuhan utama organisasi. Mereka mengandalkan pemasaran digital sebagai salah satu strategi untuk mendongkrak kinerja dan awareness brand, reputasi, maupun penjualan produknya.

Pakar dunia digital Enda Nasution menuturkan, perkembangan dunia digital di Indonesia yang sangat pesat memang menjadi kesempatan bagi perusahaan telekomunikasi untuk terus berinovasi menciptakan layanan dan produk terbaik. Apalagi di era digital masyarakat Indonesia tak lepas dari sosial media, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.?

"Pengguna Facebook yang pada 2009 kurang dari 1 juta, menjadi 16 juta orang pada akhir tahun. Dan menempati peringkat kedua. Sedangkan sekarang sudah mencapai 65 juta pengguna," jelas Enda dalam seminar media #DigitalTransformation  bertema 'Be Ready to Ride the Wave' di Semarang, Rabu 19 September 2017.

Di dunia media, Founder Sebangsa serta Direktur Eksekutif 1000 Startup itu mengingatkan, agar perusahaan media juga turut menyiapkan strategi kreatif, khususnya dengan perubahan perilaku masyarakat yang tidak lagi membaca koran pada pagi hari. Media daring pun juga harus memunculkan strategi untuk menyasar pasar pembacanya dengan konten strategis yang diminati masyarakat. 

"Pangsa pasar yang perlu disentuh memang harus sesuai kebutuhan masyarakat. Tak melulu news, kuliner maupun travel. Mungkin pasar properti perlu digarap khusus mengingat kebutuhan properti kini makin diminati," ujar pria yang dikenal sebagai bapak blogger tersebut.

Operator jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo turut menyesuaikan dengan perkembangan digital di Indonesia. Kondisi yang berubah memunculkan inovasi terbaru guna menjawab perkembangan tren dunia digital Indonesia. Salah satunya, Indosat mengenalkan produk dan layanan IM3 Ooreedo, yang diklaim sesuai dengan kebutuhan dan tren digital. 

"Perkembangan digital mengharuskan media untuk terus meningkatkan efisiensi, produktivitas, serta memberikan pengalaman terbaik bagi para pembaca lintas platform. Era disruptif membuat dunia usaha semakin ketat, setiap organisasi harus terus melakukan adaptasi dengan tren digital di masa mendatang, " tutur Head of Dept. Non-Dig. Media, PR & Internal Communication Indosat Ooredoo, Romano Bhaktinegara. 

Romano menjelaskan, perubahan perilaku masyarakat akan kebutuhan internet dan kecepatan informasi menjadi faktor lahirnya layanan produk IM3 Ooredoo.

Head of Region Central & West Java Indosat Oooredoo, Hari Sukmono menuturkan, melalui seminar tersebut diharapkan literasi masyarakat tentang dunia digital semakin meningkat. Selanjutnya, masyarakat bisa menyesuaikan kebutuhan mereka dengan produk yang dihadirkan Indosat.

"Melalui seminar ini, kami juga ingin pemahaman akan pentingnya dunia digital meningkat, sehingga dapat digunakan untuk menjawab tantangan yang dihadapi pada masa mendatang," kata dia.

Ia menyebutkan, sejumlah manfaat all-in-one dalam satu paket bisa didapatkan pelanggan IM3 Ooredoo, seperti kuota internet yang lebih banyak di semua jaringan, kuota ekstra, streaming musik di Spotify dan nonton ribuan jam film serta serial TV di iFlix. 

Pelanggan juga bisa berlangganan paket internet kuota besar tanpa takut sisa kuota hilang, dengan Data Rollover. Untuk menelpon, bisa dengan tarif Rp1/detik ke semua operator.

Manfaat lainnya, bonus kuota internet hingga 10 GB di semua jaringan untuk seluruh pelanggan yang telah membeli paket baru ataupun memperpanjang paket Freedom Combo dan Freedom Internet Plus. Pelanggan juga bisa menikmati kebebasan internetan dengan bonus kuota ini mulai dari pukul 01.00  tengah malam hingga pukul 06.00 pagi.

Selain itu terdapat Obrol, paket nelpon 24 Jam bagi sesama pengguna IM3 Ooredoo. Paket ini bisa dinikmati oleh semua pengguna Kartu Perdana prabayar, dan tersedia dalam beberapa pilihan paket yang sesuai dengan kebutuhan dengan harga yang terjangkau. 

"Kami ingin pelanggan memiliki pengalaman digital terbaik dan menyenangkan setiap saat, di manapun berada. Tentunya dengan memberikan produk yang bermanfaat lebih dari nilai uang yang dikeluarkan pelanggan, " kata Hari.