Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 26 September 2017 | 14:50 WIB
  • Demi Bumi Datar, Musisi B.o.B Rela Galang Dana

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Demi Bumi Datar, Musisi B.o.B Rela Galang Dana
Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
KONSER B.o.B

VIVA.co.id – Banyak hal yang membuat orang tertarik dalam pembuktian teori bumi datar. Salah satunya musisi hip hop dan R&B, Bobby Ray Simmon Jr sampai rela menggalang dana untuk membuktikan bentuk bumi apakah benar bulat atau datar. Penyanyi dengan nama panggung B.o.B itu berkeyakinan bumi itu datar. 

Dia membuka penggalangan dana melalui platform GoFundMe. Tak disangka banyak warganet yang langsung merespons misi pembuktian bentuk bumi tersebut. 

Dalam keterangan video di platform tersebut, B.o.B ingin mengirimkan satelit ke orbit dan akan merekamnya untuk membuktikan bentuk bumi. 

"Saya akan mengirimkan satu, jika tidak beragam satelit ke orbit sejauh yang saya bisa, agar saya bisa menemukan lengkungan (bumi) tersebut. Saya benar-benar tak sabar untuk (melihat) lengkungan tersebut," ujar B.o.B dalam video tersebut dikutip dari Gizmodo, Selasa 26 September 2017. 

Dalam deskripsi penggalangan dana di GoFundMe, warganet diajak membantu B.o.B mendapatkan dana untuk membeli dan meluncurkan satelit ke antariksa. B.o.B akan melaporkan perkembangan misi ini tahap demi tahap melalui dokumentasi, sampai membuktikan bentuk bumi. 

B.o.B butuh dana sekitar US$200 ribu atau Rp2,6 miliar dan dalam empat hari sudah mendapatkan dana US$581. 

Dengan dana tersebut sejatinya, B.o.B sudah bisa meluncurkan misi pengamatan bentuk bumi. Pada 2009, mahasiswa Institut Teknologi Massachusetts, AS telah mengirimkan balon udara berisi kamera pengamatan ke titik stratosfer sejauh 28 kilometer dari daratan bumi. Biaya mahasiswa itu hanya US$150. 

B.o.B menggalang dana untuk membuktikan bentuk bumi

Dengan dana US$200 ribu, B.o.B bisa mengirimkan balon udara yang lebih canggih dan bisa terbang hingga sampai orbit dan merekam penampakan bumi dari atas. 

Penyanyi kelahiran California, Amerika Serikat pernah berperang di Twitter dengan astrofisika Neil deGrasse Tyson soal bentuk bumi pada awal 2016. B.o.B berkeyakinan bumi itu datar sedangkan deGrasse Tyson memaparkan beberapa fakta ilmiah bumi itu bulat.