Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 2 Oktober 2017 | 10:29 WIB
  • Saling Serang Astronaut dan Pendukung Bumi Datar

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Saling Serang Astronaut dan Pendukung Bumi Datar
Photo :
  • Creative Commons 1.0 Generic | Trekky0623
Gambaran Bumi itu datar

VIVA.co.id – Beberapa astronaut ramai-ramai berkomentar membuktikan klaim teori bumi datar. Mantan astronaut Buzz Aldrin dan Scott Kelly serta veteran astronaut Terry Virts mengunggah bukti bantahan bumi bulat untuk ‘menyerang’ keyakinan penyanyi rap terkenal, Bobby Ray Simmon Jr atau B.O.B yang meyakini bumi berbentuk datar. 

Komentar para astronaut di Twitter merupakan respons atas ambisi B.O.B yang ingin meluncurkan satelit dan membantah klaim bumi bulat. B.O.B membuka penggalangan dana melalui platform GoFundMe. Tak disangka banyak warganet yang langsung merespons misi pembuktian bentuk bumi tersebut. 

Dikutip dari Science Alert, Senin, 2 Oktober 2017, dalam postingannya, astronaut Terry menyarankan agar dana yang dikumpulkan B.O.B lebih baik dipakai untuk hal lain, tak perlu repot untuk meluncurkan satelit ke orbit. Sebab pilot misi pesawat ulang alik Endeavour itu telah menunjukkan bukti bumi bulat dari foto dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS) yang pernah diambilnya. Dari ISS, Terry menampilkan kelengkungan, yang membuktikan bumi itu bulat. 

"Saya bisa menyelamatkan uang banyak milik B.O.B. Bumi bulat, saya terbang di atas bumi," tulis Terry yang pernah menjadi komandan Ekspedisi 43 ISS. 

Astronaut misi Apollo 11, Buzz Aldrin turut meramaikan bantahan klaim bumi datar. Dalam postingannya, manusia kedua yang menginjak di permukaan bulan itu mengatakan juga telah menyaksikan bumi bulat. 

Dia mengatakan saat menjalani misi ke bulan pada 1969 lalu, dia melihat adanya pola kelengkungan dari objek di langit. Itu menandakan sebuah orbit yang berarti pola yang melingkar. 

Pensiunan astronaut, Scott Kelly turut membantah klaim bumi datar B.O.B. Astronaut  yang pernah setahun menjalani misi di ISS itu menyertakan bukti kumpulan foto video dari ISS yang menunjukkan bukti bulatnya bumi. 

"Ini satu orbit penuh mengelilingi bumi. Sebaiknya donasikan dana untuk bantuan di Puerto Rico," tulis Kelly. 

Mendapat serangan dari tiga astronaut dalam satu hari, B.O.B malah terlihat bingung. Dalam balasan atas komentar ketiga astronaut itu, penyanyi California, Amerika Serikat itu dengan sebuah keyakinan. 

"Orang biasanya berusaha mencegah Anda untuk melakukan sesuatu jika mereka harus menyembunyikan sesuatu," kata dia. 

Dalam deskripsi penggalangan dana di GoFundMe, warganet diajak membantu B.O.B mendapatkan dana untuk membeli dan meluncurkan satelit ke antariksa. B.O.B akan melaporkan perkembangan misi ini tahap demi tahap melalui dokumentasi, sampai membuktikan bentuk bumi. 

B.O.B butuh dana sekitar US$200 ribu atau Rp2,6 miliar dan dalam empat hari sudah mendapatkan dana US$581.