Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 3 Oktober 2017 | 10:12 WIB
  • VIDEO: Langka, Hujan Ikan di Meksiko

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
VIDEO: Langka, Hujan Ikan di Meksiko
Photo :
  • Facebook/Protección Civil Tamaulipas
Hujan ikan di wilayah Meksiko

VIVA.co.id – Fenomena hujan unik terjadi di Meksiko akhir September lalu. Prakiraan cuaca di kota pesisir Tampico, Meksiko pada 28 September 2017 akan terjadi hujan ringan. Anehnya, saat hujan ringan turun di area tersebut disertai dengan turunnya beberapa ikan dari langit. 

Sontak fenomena ini menarik perhatian warga kota di timur laut Meksiko tersebut. Hujan ringan disertai turunnya ikan juga terjadi di bagian tenggara negara bagian Tamaulipas. Pejabat Tamaulipas memosting detik-detik turunnya ikan saat hujan ringan itu di Facebook. 

Hujan disertai dengan turunnya ikan memang bukan kali pertama ini terjadi. Ilmuwan meyakini fenomena itu bisa terjadi karena dorongan fenomena alam lainnya. 

Dikutip dari Live Science, Selasa 3 Oktober 2017, hujan disertai dengan turunnya ikan atau binatang kecil dari langit bisa terjadi karena hewan tersebut tersedot dari samudera atau danau. Naiknya hewan itu ke langit karena fenomena watersouts saat terjadi badai. Ada yang mengatakan, waterspout adalah belalai air, fenomena angin puting beliung yang membentuk pusaran air hingga menjulang dan terhubung ke awan cumuliform.

Akhirnya angin kencang membawa hewan tersebut jatuh ke daratan. Hujan ikan sudah pernah terjadi dan terdokumentasikan di berbagai belahan dunia mulai dari California, India, sampai Inggris.  Lihat videonya di sini.