Pentingnya Badan Siber Jelang Tahun Politik

Ilustrasi serangan siber.
Sumber :
  • REUTERS/Amir Cohen

VIVA.co.id – Pakar siber, Pratama D Persadha menyayangkan molornya pembentukan Badan Siber dan Sandi Negara pada September lalu. Kondisi ini menciptakan situasi rawan kejahatan siber pada tahun politik 2018 dan 2019.

Kementerian dan Lembaga Diserang Hacker

“Seharusnya Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sudah terbentuk 23 September lalu bersama dengan alokasi anggaran, strategis, dan rencana program. Sehingga bisa bekerja maksimal tahun depan,” kata Pratama usai menjadi pembicara dalam seminar sains dan teknologi ‘Tunjukkan Jogjamu Untuk Indonesia di Universitas Negeri Yogyakarta, Rabu 4 Oktober 2017.

Menurutnya kehadiran BSSN sangat dibutuhkan guna menanggulangi serangan pencuri data maupun informasi penting negara. Dengan informasi penting itu, pihak berkepentingan bisa menggunakan data untuk mengontrol Indonesia.

Serangan Hacker ke Perangkat Seluler Makin Ngeri, Lewat Iklan Pop-up

Selain itu, Pratama menilai tingkat keamanan siber di Indonesia masih berantakan. Dengan kondisi itu, ia khawatir, pada tahun politik 2018 dan 2019, serangan melalui dunia maya akan semakin intensif memecah belah rakyat Indonesia.

“Serangan siber sebenarnya sudah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu. Namun era Jokowi masih kuat, sehingga kehadiran kejahatan siber masih belum dirasakan. Tidak hanya itu, hampir 58 persen pengguna internet di Indonesia tidak merasa mendapatkan serangan sehingga hal ini tidak terlalu dipentingkan,” ujarnya.

Sikat Gigi Tidak Luput dari Serangan Siber

Negara tetangga, seperti  Malaysia, Singapura, Australia, dan Thailand, sudah memiliki badan siber negara. Selain sebagai penanggulangan serangan siber, badan siber difungsikan untuk membuat regulasi pengadaan infrastruktur jaringan internet.

Badan siber negara diperlukan Indonesia, sebab jika nanti semua instansi pemerintah di pusat dan daerah terhubung, maka penjahat siber akan mencari titik lemah jaringan yang dipergunakan sebagai pintu masuk.

Singapore Airshow 2024.

Angkatan Udara Kebobolan, Percakapan 4 Perwira Tinggi Berhasil Disadap di Singapura

Angkatan Udara kebobolan karena percakapan empat pati atau perwira tingginya berhasil disadap di dalam hotel di Singapura.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024