Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 9 Oktober 2017 | 16:34 WIB
  • Pakai Chromebook, Acer Digitalkan Sekolah di Indonesia

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Mitra Angelia
Pakai Chromebook, Acer Digitalkan Sekolah di Indonesia
Photo :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia
Acer bantu pembelajaran digital IICS Jakarta

VIVA.co.id – Vendor perangkat asal Taiwan, Acer menjadikan notebook Chromebook sebagai modal menyadar pasar dunia pendidikan. Acer mengklaim berbasis sistem operasi Chrome ini serba guna untuk pendidik dan murid di sekolah.

Presiden Direktur Acer Indonesia, Herbet Ang menyatakan, sasaran kolaborasi tidak hanya sekolah swasta, bahkan juga sekolah negeri. Perangkat Chromebook disebarkan ke sekolah guna mempercepat digitalisasi pendidikan. Era digitalisasi pendidikan diperkirakan menjadi tren pada abad ke-21.

"Kita kerja sama dengan banyak sekolah. Bahkan kita sudah implementasi di sekolah negeri, luar pulau, dan itu sudah jalan," ujar Herbet saat ditemui di IPEKA Integrated Cristian School (IICS) Jakarta, Senin 9 Oktober 2017.

Herbet menyebutkan, kolaborasi yang sudah jalan dengan sekolah negeri yaitu di Pulau Bangka. Sedangkan untuk proses kolaborasi dengan sekolah negeri, Herbet mengatakan akan dilakukan di Jawa Timur.

Untuk sekolah di wilayah Jakarta, sekolah yang pertama menerapkan pendidikan sistem digital bantuan Acer yaitu  IPEKA Integrated Cristian School (IICS). Kolaborasi dengan Acer menggunakan perangkat Chromebook.

Herbet menjelaskan, Chromebook bukan hanya sebuah perangkat yang mudah digunakan dan dibawa ke mana-mana. Tapi, yang lebih penting kata dia yaitu aplikasi-aplikasi yang disematkan di dalam perangkat.

Dengan Chromebook, pengajar bisa memberikan tugas melalui Google Docs dan secara otomatis membuat duplikasi untuk setiap murid, mereka pun dapat langsung mengerjakan tugas dalam dokumen tersebut.

Solusi perangkat Chromebook juga otomatis membantu guru menyusun tugas dalam folder driver yang terstruktur, sehingga murid juga akan melihat tugas serta tenggat waktu pengumpulan.

Keunggulan lainnya, guru dapat membuat pengumuman dan memulai diskusi serta menjawab pertanyaan murid secara real time.

Herbet menegaskan, perangkat Chromebook tidak hanya untuk pendidikan. Untuk bisnis, perangkat Chromebook juga sangat mendukung.

Jelang penutup tahun ini, Herbet menargetkan pangsa pasar Chromebook meningkat pada angka dua digit.

"Di atas 50 persen," kata dia.