Keren, Mahasiswa Aceh Ciptakan Robot Anti Ganja

Robot 'anti ganja' karya mahasiswa Aceh
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi

VIVA.co.id – Mahasiswa jurusan teknik mesin dan industri Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala berhasil menciptakan dua robot ‘anti ganja’. Dengan kehadiran dua robot pintar yang diberi nama Cempala Kuneng dan Aneuk Kleung ini diharapkan akan mampu membantu polisi memberantas peredaran ganja.

Warga Bone Kecele Diajak Mahasiswa Tanam Pohon 'Mahal', Ternyata Jadi Ladang Ganja

Rencananya, dua robot ini akan diperlombakan pada ajang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2017 di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya pada 16-21 November 2017 mendatang.

Rektor Unsyiah, Prof Samsul RizalSamsul Rizal mengatakan, kehadiran dua robot ini bukan sekadar untuk meraih juara, tetapi lebih untuk menumbuhkan serta menggiatkan inovasi di lingkungan kampus.

2 Ladang Ganja Seluas 11 Hektare Dimusnahkan dengan Cara Dibakar

“Robot terbang ini juga dapat dikembangkan lebih lanjut seperti mendeteksi titik ganja di Aceh sehingga memudahkan kepolisian dalam bekerja,” ujar Samsul Rizal dalam pesan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 11 Oktober 2017.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Unsyiah, Taufiq Saidi mengatakan, dua robot terbang ini dirancang di Laboratorium Desain Manufaktur (LDM) FT Unsyiah, oleh Seulawah Team yang terdiri dari 14 mahasiswa.

BNN Musnahkan Ladang Ganja Terbesar di Tahun 2022 di Mandailing Natal

Ketua Seulawah Team, Muhammad Reza Rizki Hamid menyebutkan, dua robot terbang ini akan mengikuti dua kategori di KRTI, yaitu Racing Plane dan Vertical Take Off Landing.

Di kategori Racing Plane akan dilihat kecepatan pesawat dengan menggunakan autonomous. Sedangkan di kategori Vertical Take Off Landing misi yang harus diselesaikan yaitu mengangkat dan memindahkan barang dengan menggunakan autonomous.

Temuan ladang ganja oleh tim gabungan Kodim 0409/Rejang Lebong dan Satres Narkoba Polres Rejang Lebong, provinsi Bengkulu, Jumat, 22 September 2023.

TNI-Polri Temukan Ladang Ganja Ditumpang Sari dengan Cabai Satu Hektare di Rejang Lebong

Tim gabungan TNI-Polri di Kabupaten Rejang Lebong menemukan ladang ganja berisikan 42 batang tanaman ganja yang ditumpang sari dengan tanaman cabai di lahan 1 hektare.

img_title
VIVA.co.id
22 September 2023