Ratusan Foto Langka NASA, Ada yang Dilelang Mulai Rp121 Juta

Eugene Cernan di permukaan Bulan
Sumber :
  • NASA

VIVA.co.id – Foto-foto berharga dan langka Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA bakal dilepas ke publik. Foto langka dalam misi ke Bulan NASA itu akan dilelang oleh rumah lelang Skinner Auctioneers and Appraisers di Marlborough, Massachusetts, Amerika Serikat. Pendaftaran lelang foto itu akan dimulai pekan ini, masing-masing pelelang akan menaruh tawarannya dan pada 2 November nanti lelang akan dilangsungkan.

Bisa Dihuni Manusia, Ini 10 Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS

Dikutip dari Phys, Jumat 13 Oktober 2017, spesialis foo pada rumah lelang tersebut, Michelle Lamuniere mengatakan, foto-foto yang dilelang bukan hanya berharga dari sisi ilmiah dan sejarah, tapi dari sisi artistik juga dinilai tak kalah berharganya. 

"Sementara tujuan utama astronaut merekam aktivitas selama misi, mereka terinspirasi apa yang mereka saksikan, menciptakan gambar yang melampaui dokumentasi, dan memungkinkan pemirsa berbagi bagaimana perjalanan antariksa yang menggembirakan," kata rumah lelang tersebut dikutip dari CNN.

Stasiun Luar Angkasa AS-Rusia Masuk Dalam Ketegangan Geopolitik

Lamuniere menuturkan, ada 445 foto dari misi NASA dari 1961 sampai 1972 masuk dalam daftar lelang. Di antara foto yang akan dilelang yakni foto pertama Bumi dari antariksa, foto jejak kaki astronaut Buzz Aldrin di permukaan Bulan. 

Lainnya, foto Sungai Nil dan Laut Merah dari antariksa, dan foto manusia terakhir yang menjejakkan kaki di permukaan Bulan, Eugene Cernan.

Sampah China Diburu Amerika

Harga foto rata-rata mulai dari US$300-9000 atau Rp4,05 juta sampai Rp121,6 juta. Rumah lelang tersebut optimis foto-foto bersejarah itu akan menarik minat penggemar antariksa dan kolektor foto. (ren)  

Astronot NASA yang akan ke Bulan.

NASA (Akan) Kembali ke Bulan Setelah 50 Tahun

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat, NASA, telah menunjuk empat astronot yang akan membawa umat manusia kembali ke Bulan setelah jeda 50 tahun.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2023